09 Februari 2017 | Oleh : Humas Unmul

Pelantikan Pimpinan Lembaga Kemahasiswaan di Lingkungan Unmul


Pelantikan Pimpinan Lembaga Kemahasiswaan di Lingkungan Unmul

Ruang Serbaguna Rektorat Universitas Mulawarman (Unmul) menjadi tempat penanda resminya para pimpinan lembaga kemahasiswaan di lingkungan Kampus Hijau memulai tugas mengemban tanggung jawab selama satu periode kepengurusan. Hal tersebut ditandai dengan pelantikan para pengurus Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (DPM KM), Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM), DPM dan BEM Fakultas, serta Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Unmul, Kamis (09/02).

Acara yang terselenggara penuh khidmat ini dibuka dengan menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya dan pembacaan ayat suci Al-Quran. Kemudian, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah kepengurusan dan penandatanganan naskah pelantikan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unmul, Dr. Ir. Encik Akhmad Syaifudin, MP.

Dalam sambutannya, Dr. Encik yang membacakan amanat Rektor Unmul menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan ini beserta doa, semoga dalam periode kepengurusan ini para lembaga kemahasiswaan menjadi maju dan mampu mewadahi aktivitas kemahasiswaan yang kritis, positif, disiplin dan bertanggung jawab. “Unmul senantiasa berupaya untuk mendorong aktivitas positif tersebut dengan mengoptimalkan segenap sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan tersebut,” ujarnya.

Tahun 2016 lalu, Rektor Unmul menandatangani kontrak kerja kepada Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) lanjut Dr. Encik, yang satu diantara butir kinerjanya adalah capaian minimal 15 mahasiswa Unmul memperoleh medali emas dari kejuaraan nasional dan Internasional, dan alhamdulillah Unmul masih bisa diatas itu yaitu 21 mahasiswa.

“Tahun 2017 ini target kinerja itu naik menjadi 56 mahasiswa, yang berarti minimal empat mahasiswa per fakultas. Peran lembaga kemahasiswaan tentu bukan hanya mendorong agar tercapainya prestasi, namun juga meningkatnya partisipasi terutama dalam diseminasi hasil-hasil penelitian berupa pengabdian kepada masyarakat serta meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam kepedulian terhadap perbaikan keadaan lingkungan dan sosial ekonomi yang bermuara kepada kesejahteraan masyarakat,” imbuh Dosen Fakultas Pertanian Unmul ini.

Untuk itu didorong pula kegiatan bina desa, program PKM Kewirausahaan serta Program Mahasiswa Wirausaha. “InshaAllah tahun ini Unmul akan merintis kemitraan dengan sektor perbankan nasional untuk mewujudkan lebih banyak lagi wirausaha yang berbasis mahasiswa,” pungkasnya.

Agenda yang dihadiri para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Pembina lembaga kemahasiswaan Universitas dan fakultas ini pun ditutup dengan ramah tamah dan sesi foto bersama. (hms/rob)

Facebook



Agenda Kegiatan

Agenda Selengkapnya

Twitter