29 Desember 2016 | Oleh : Humas Unmul

Mahasiswa Unmul Ukir Prestasi Kelas Dunia


Mahasiswa Unmul Ukir Prestasi Kelas Dunia

Iqbal Candra Pratama Antar Indonesia Juara Umum Kejuaraan Dunia

Selain capaian gemilang beberapa prestasi membanggakan dalam bidang akademik yang dilahirkan para mahasiswa Universitas Mulawarman (Unmul) di tingkat nasional maupun internasional. Terbaru perwakilan warga kampus hijau sebutan Unmul, kembali mencatatkan satu nama mahasiswanya namun kali ini dalam ajang olahraga tingkat internasional, serta berhasil membawa harum nama Negara di ajang Pencak Silat kelas dunia.

Iqbal Candra Pratama, berhasil merengkuh medali perak di nomor tanding Kelas D Putra setelah lima kali bertanding melawan atlet Pencak Silat dari Negara Singapura, Suriname, Filipina, Thailand dan Malaysia. Mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik itu tergabung diantara 30 pesilat yang memperkuat Tim Nasional Indonesia.

Sebelum lolos ke final, pria kelahiran Lhoukseumawe, 12 Mei 1996 ini, terlebih dahulu mengalahkan pesilat asal Thailand Porntheb Poolkaev, dengan menang K.O pada babak semifinal yang dihelat di GOR Lila Bhuana Denpasar, Bali.

Di Final, Iqbal mengalahkan Razak Bin Ghazali dari Malaysia, sekaligus membawa Indonesia berhasil mempertahankan gelar juara umum pada Kejuaraan Dunia Pencak Silat dengan perolehan 12 medali emas, empat medali perak, serta empat medali perunggu. 

"Sebelumnya saya belum pernah bertemu dengan lawan asal Malaysia di Final saat itu, dan belum sekali pun melihat bagaimana pertarungannya. Modal utama saya saat di partai final hanyalah keyakinan saja untuk bisa mengalahkan lawan seperti saat melawan juara dunia,” sebut Iqbal yang sebelumnya pernah meraih medali emas dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) ke 14.

Iqbal yang tergabung di Perguruan Tapak Suci itu menambahkan, lawan terberat pada nomor yang diikutinya adalah pesilat Thailand, Porntheb Poolkaew. Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2016 ini diikuti oleh 533 atlet dan ofisial.

Para atlet bersaing dalam 24 kategori pertandingan yang terbagi 18 cabang tanding, enam cabang seni yaitu tunggal, ganda, dan beregu. 42 negara memastikan ikut pada Kejuaraan Dunia Pencak Silat XVII.

Negara-negara yang memastikan hadir dalam Kejuaraan Dunia Pencak Silat antara lain Belanda, Jerman, Prancis, Italia, Belgia sebagai wakil benua Eropa. Sedangkan wakil benua Afrika yaitu Afrika Selatan dan Mesir. Kemudian, para atlet dari Amerika Serikat, Kanada, dan Brazil akan menjadi wakil para pesilat internasional dari benua Amerika. 

Terakhir dari benua Asia Oceania, perwakilan yang hadir adalah para pesilat dari negara Jepang, Australia, Arab Saudi, Iran, Palestina, Israel dan negara-negara ASEAN. Kejuaraan pencak silat tingkat dunia ke-17 resmi dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi dan Presiden Pesilat Prabowo Subiyanto yang berlangsung 3 sampai 8 Desember 2016. (hms/frn)

 

Facebook



Agenda Kegiatan

Agenda Selengkapnya

Twitter