28 Desember 2016 | Oleh : Humas Unmul

Izin Telah Terbit, PSKG FK Unmul Siap Terima Mahasiswa Baru


Izin Telah Terbit, PSKG FK Unmul Siap Terima Mahasiswa Baru Dr. Ir. Agus Indarjo, M.Ph, Sekretaris Direktorat Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, saat memberikan SK Izin PSKG kepada Dekan FK Unmul, dr. Ika Fikriah., M.Kes, disaksikan Rektor Unmul, Prof. Dr. H. Masjaya., M.Si.

Menjelang berakhirnya tahun 2016, Universitas Mulawarman (Unmul) mendapatkan hadiah istimewa. Hadiah istimewa tersebut didapatkan setelah terbitnya Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti), Nomor 501/KPT/I/2016, tentang izin Program Studi Kedokteran Gigi (PSKG), Fakultas Kedokteran (FK), Unmul.

Bertempat di halaman Kampus PSKG FK Unmul, sebagai bentuk rasa syukur terbitnya izin yang telah lama dinanti tersebut, Rektor Unmul, Prof. Dr. H. Masjaya., M.Si didampingi para Wakil Rektor, Dekan, jajaran Pemerintah Provinsi Kaltim, serta para Ikatan Keluarga Orang Tua Mahasiswa (IKOMA) berkumpul bersama dalam acara Tasyakuran, Rabu, (28/12).

Diketahui, PSKG FK Unmul menerima mahasiswa baru pada tahun 2013 lalu, namun dalam kurun waktu tiga tahun terakhir tidak dapat kembali menerima mahasiswa karena diberlakukannya aturan moratorium izin pembukaan lembaga pendidikan tenaga kesehatan yang dikeluarkan Kemenristek Dikti.

Sebelumnya, kunjungan tim visitasi dari Kemenristek Dikti sudah kali ketiga dilakukan ke FK Unmul terkait pemberian izin Prodi. Adapun moratorium penerbitan izin Prodi Kedokteran Gigi untuk seluruh Indonesia telah berakhir mulai bulan Juni lalu.

Sementara itu, saat diberikan kesempatan menyampaikan sambutan, perwakilan orang tua mahasiswa mengapresiasi kinerja pimpinan universitas yang telah memperjuangkan agar keluarnya izin dan FK Unmul dapat kembali menyelenggarakan PSKG.

“Kami sebagai orang tua memang selama ini merasa resah, karena adanya moratorium izin tersebut dari Kementerian, jadi mohon dimaklumi. Harapan kami ke depan dengan adanya izin ini sebagai modal perkembangan PSKG agar nantinya bisa dibentuk Fakultas. Kami para orang tua dan masyarakat Kaltim sangat mengharapkan hal tersebut,” urainya.

Keinginan para orang tua mahasiswa, senada dengan kehendak Rektor yang bercita-cita akan membentuk Fakultas Kedokteran Gigi di Kampus terbesar dan tertua di Kaltim ini. Karena menurut Rektor, kebutuhan dokter gigi di Kaltim sangat tinggi.

“Perjuangan yang sudah cukup menyita banyak waktu panjang. Sekarang yang harus kita lakukan adalah melengkapi segala kelengkapan dan persyaratan, terkhusus bagi mahasiswa yang sudah ada sekarang di program ini agar segera menyelesaikan studinya. Tahun depan, Unmul akan kembali menerima mahasiswa baru pada program ini untuk angkatan kedua, karena seperti kita ketahui bersama bahwa dokter gigi sangat dibutuhkan di tengah masyarakat kita,” serunya.        

Para pimpinan universitas juga terang Rektor telah melakukan banyak hal, diantaranya kerjasama dengan beberapa pihak untuk menunjang perkembangan PSKG dalam penyediaan infrastruktur di FK Unmul.

“Kami para pimpinan juga selalu meningkatkan kerjasama dengan para mitra untuk melengkapi infrastruktur di fakultas ini. Perjuangan kita memang panjang, namun hasilnya sudah dapat kita nikmati hari ini. Meski begitu tidak hanya sampai disitu saja, tetapi kita juga pada waktunya nanti bisa menghasilkan para alumni terbaik dari PSKG FK Unmul yang suskes di tengah masyarakat,” tambahnya. (hms/frn)

Facebook



Agenda Kegiatan

Agenda Selengkapnya

Twitter