21 Desember 2016 | Oleh : Humas Unmul

Buka Wawasan Mahasiswa, Prodi HI Adakan Studi Lapangan


Buka Wawasan Mahasiswa, Prodi HI Adakan Studi Lapangan

Persoalan Hubungan Internasional saat ini banyak mengalami pergeseran pelbagai isu secara global.Seperti masalah human trafficking, refugee, pencari suaka, dan masih banyak lainnya. Dalam rangka memahami lebih dalam isu-isu tersebut,Program Studi Hubungan Internasional (HI) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Mulawarman (Unmul) mengadakan studi lapangan ke Balikpapan dengan melakukan kunjungan ke kantor Imigrasi Kelas I Balikpapan dan Kantor Tribun Kaltim, Selasa, (20/12).

“Studi Lapangan ini menjadi salah satu agenda untuk berinteraksi langsung antara mahasiswa dengan aktor atau yang bersinggungan dengan persoalan isu-isu HI,” ujar Enny Fathurachmi, S.IP., M.Si selaku Ketua Prodi HI.

Kantor Imigrasi Kelas I Balikpapan dipilih, lanjut Enny karena merupakan garda terdepan dalam melakukan filterisasi orang-orang asing yang melakukan kunjungan ke Indonesia khususnya Kalimantan Timur. “Mahasiswa diberi penjelasan penting Passport jika keluar negeri karena merupakan identitas diri sebab jika hilang atau tidak ada berarti statusnya Stateless,”imbuhnya.

Kunjungan kedua dilanjutkan ke Tribun Kaltim. Kali ini untuk menggali informasi tentang bagaimana surat kabar tersebut memilih berita atau isu luar negeri. Diketahui, biasanya pemilihan berita luar negeri yang memiliki dampak ke Indonesia dan dibuat perkawasan. Mahasiswa yang melakukan studi lapangan adalah mahasiswa angkatan 2015 sebanyak lebih dari 100 orang. (hms/rob)

Facebook



Agenda Kegiatan

Agenda Selengkapnya

Twitter