Workshop Kewirausahaan UPT . Perkasa Unmul


menumbuhkembangkan wirausaha baru, tahun ini Direktorat Kemahasiswaan, Ditjen Belmawa, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi kembali mengadakan Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PMWI) di bidang Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI). Univeristas Mulawarman (Unmul) melalui UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (Perkasa) menargetkan sebanyak 25 proposal yang akan diikutisertakan dalam program ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Divisi Kewirausahaan UPT. Perkasa Dr. Hadi Pranoto, S.P., M.P dalam sambutannya diacara Workshop Kewirausahaan, Rabu (24/05). “Setiap tahun kita selalu berusaha untuk menumbuhkan semangat dan jiwa berwirausaha kepada mahasiswa. Harapannya mahasiswa yang lulus nantinya tidak hanya mencari kerja tetapi membuka lapangan pekerjaan,” ucapnya.

Acara yang terselenggara di Ruang Rapat Rektorat Unmul ini menghadirkan narasumber yang merupakan pelaku wirausaha. Diantaranya Andi Indrawati Kube, SE., M.Si selaku Owner Kedai Maryam Incos Putrid dan Ramadany, A.Md Owner Ayam Bakar Uma’ai. Dalam paparannya Andi Indrawati menyampaikan tentang kreatifitas dalam memulai usaha. “Wirausaha adalah memberikan suatu daya tarik atau nilai lebih terhadap suatu barang. Landasan dari kewirausahaan adalah kreatifitas kemudian muncul mimpi untuk melihat peluang usaha,” jelasnya.

Senada dengan hal tersebut, Ramadany juga menjelaskan tahapan dalam bisnis dimulai dari start up, kemudian growing dan establish. ”Tips bagi pebisnis pemula adalah bangun impian, berani membuat keputusan, memiliki mentor dan terpenting bergabung dalam komunitas wirausaha,” urainya.

Modal utama, lanjut Ramadany, dalam memulai usaha adalah niat, mental dan action. “Orang sukses selalu mencari solusi, dan orang gagal selalu mencari alasan. Maka fokuslah untuk mencari solusi,” imbuhnya mengakhiri materinya. (hms/rob)