Wisuda Periode I 2017 Unmul, Rektor IPB Beri Orasi Ilmiah


Memasuki tahun 2017, Universitas Mulawarman (Unmul) kembali meluluskan mahasiswanya dalam rangkaian acara wisuda periode I, Sabtu (01/04). Sebanyak 1.239 wisudawan dan wisudawati Program Diploma, Sarjana, Profesi dan Pascasarjana Unmul mengikuti prosesi pindah kuncir toga ini.

Dalam laporannya, Wakil Rektor Bidang Akademik Unmul, Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono turut membacakan daftar lulusan terbaik tingkat Universitas. Program Pascasarjana diraih oleh Sarkowi Zahry dari Magister Ilmu Administrasi Negara dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 4.00. Program Sarjana dengan IPK 3.94 diraih Muhammad Shiddiq Ar Rozaq La Side Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Lilik Nurhayati dari FISIP dengan IPK 3.73 meraih lulusan terbaik Program Diploma.

Hadir memberikan Orasi Ilmiah, Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc selaku Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan membawakan tema “Pengembangan Ilmu Pertanian Tropika Untuk Mendukung Pencapaian Visi Universitas Mulawarman Sebagai Perguruan Tinggi Bertaraf Internasional”. Dalam orasinya ia menyampaikan lima hal inti. Yakni, keunggulan perguruan tinggi berdasarkan keunikan, peran kluster riset internaional, inovasi untuk kemajuan bangsa, peran tata kelola yang dewasa dan pesan-pesan untuk para lulusan.

“Berbagai tantangan yang akan kalian temui juga sekaligus menjadi peluang yang harus dijawab. Dengan berbekal keterampilan dan kompetensi, saudara sekalian memiliki kesempatan berharga untuk mengisi kebutuhan tenaga kerja maupun sebagai wirausahawan pada sektor-sektor utama pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar Prof. Herry.

Kejayaan sebuah perguruan tinggi lanjutnya, dibangun dari kerja keras dan dedikasi seluruh sivitas akademika dan alumni yang bersatu padu dari generasi ke generasi. “Setiap keberhasilan perguruan tinggi kita adalah keberhasilan kolektif yang diperoleh dengan penuh perjuangan dan pengorbanan. Meski perjalanan ke depan tidaklah semakin mudah, namun dengan kebersamaan dan kerja keras akan dapat menunaikan tugas menggenapkan langkah perjalanan sejarahnya,” imbuh Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian IPB ini.

Di tempat yang sama, Rektor Unmul Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati. “Lulusan hari ini bukan lulusan biasa, tapi lulusan luar biasa. Amalkan seluruh ilmu yang diperoleh, karena itu adalah titipan Unmul agar kita mampu untuk memajukan dan memperbaiki bangsa ini,” sebutnya.

“Baru saja kita kedatangan tim asesor dari BAN-PT melakukan visitasi dalam rangka menuju akreditasi A. Semoga menjadi Universitas yang berakreditasi A bisa segera terwujud dan itu tidak terlepas dari peran para alumni,” tambah Prof. Masjaya penuh optimis.Agenda yang berlangsung di GOR 27  September Unmul ini pun ditutup dengan penyerahan alumni secara simbolis kepada Ikatan Keluarga Alumni Unmul yang diwakili oleh Ketu Harian, Dr. Hj. Meiliana, SE., MM. (hms/rob)