Wisuda Gelombang III Tahun 2017, Unmul Luluskan 1.716 Wisudawan


Universitas Mulawarman (Unmul) kembali melakukan prosesi wisuda. Kali ini, Unmul melakukan wisuda sebanyak 1.716 lulusan yang terdiri dari Program Diploma, Sarjana, Profesi, dan Pascasarjana pada gelombang III Tahun 2017, Sabtu (23/09) di GOR 27 September Unmul.

Dalam laporannya Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono menjelaskan bahwa wisuda kali ini berbeda dengan sebelumnya, dalam wisuda gelombang III hari ini untuk pertama kalinya kami menggunakan pendaftaran “full-online”, sehingga ada beberapa keuntungan, yaitu kesalahan data dalam ijazah diharapkan sangat minimal, dan ijazah asli sudah dapat dibagikan langsung kepada wisudawan atau wisudawati dalam acara wisuda ini, sehingga para lulusan atau alumni dapat memanfaatkan langsung untuk melamar pekerjaan atau kebutuhan lainnya.

Prof. Agung juga membacakan daftar lulusan terbaik tingkat Universitas antara lain, Program Pascasarjana diraih oleh Yeni Ronalisa Saselah dari Magister Pendidikan Kimia dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,92 masa studi 2 tahun predikat dengan pujian (Cum-Laude). Program Sarjana dengan IPK 9,94 masa studi 4 tahun 2 bulan diraih oleh Muhamad Safei dari Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (FKTI) dengan predikat dengan pujian (Cum-Laude). Sedangkan Program Diploma oleh Hartina dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan IPK 3,86 masa studi 3 tahun 1 bulan predikat sangat memuaskan.

“Janji lulusan nantinya akan disampaikan oleh Muhamad Safei dari FKTI dan sambutan wisudawan oleh Komang Erni Kurnia Wati dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), “tutur Prof. Agung.

Hadir memberikan orasi ilmiah Rektor Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE.,MT.,CMA.,Ak menyampaikan selamat kepada para wisudawan atas keberhasilan saudara pada hari ini. Keberhasilan itu tidak lepas dari peran serta kontribusi dan jerih payah para pihak-pihak yang lain termasuk di dalamnya adalah keluarga. Selamat kepada para keluarga wisudawan. Selamat juga kepada Rektor Unmul beserta jajarannya atas jerih payah dan kontribusinya hari ini bisa mewisuda 1.716 wisudawan.  

Sementara itu, Rektor Unmul Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si mengucapkan terima kasih kepada Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE.,MT.,CMA.,Ak selaku Rektor Universitas Airlangga (Unair) Surabaya yang sudah berkenan menyampaikan orasi ilmiahnya.

“Baru kali ini Unmul mewisuda sebanyak 1.716 lulusannya. Karena ingin memanfaatkan momentumnya yaitu bertepatan dengan Dies Natalis ke 55, dan disamping itu juga Unmul sudah berakreditasi A. Atas dasar itulah, semua ingin mendaftar wisuda di Gelombang III ini, “pungkas Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unmul Ini.

Prof. Masjaya mengajak kepada segenap Civitas Akademika dan para wisudawan marilah kita jaga bersama-sama dan tingkatkan ruang aktivitas kita dalam rangka bersaing dan menjadi pemenang kedepan. Rasanya ini satu momen yang sangat tepat untuk kita wujudkan secara bersama-sama.

Unmul yang sudah mencapai umur dengan 55 tahun, lanjut Prof. Masjaya, rasanya tidak ada dasar untuk meraihnya kecuali ada beberapa hal yang menjadi komitmen kita antara lain, kerja keras, kerja ikhlas, kerja cerdas dan tak kalah pentingnya adalah kerja secara bersama-sama. (hms/zul)