Waseda University Tindak Lanjuti Kerjasama di Unmul


Waseda University sebagai salah satu Universitas di Jepang yang memiliki misi go international, terus berusaha mendatangkan mahasiswa internasional yang lebih banyak setiap tahun khususnya dari kawasan ASEAN. Salah satu upaya tersebut disampaikan delegasi Waseda, Prof. Inoue Makoto ketika mengunjungi Universitas Mulawarman (Unmul) dan bertemu langsung dengan Rektor, Prof. Dr. H. Masjaya., M.Si di ruang kerjanya.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sadjono, serta Wakil Rektor Bidang Umum, SDM dan Keuangan Unmul, Dr. Ir. H. Abdunnur., M.Si yang mendampingi Rektor. Diketahui bahwa, kedua universitas sebenarnya telah terikat dalam sebuah kesepakatan dan sudah berlangsung lama.

“Tujuan kedatangannya hadir di Samarinda, yakni ingin menindaklanjuti MoU antara Unmul dengan Universitas Waseda. Sebenarnya kerjasama ini mendampingi kerjasama yang masih berlaku antara Unmul dengan Tokyo University yang sudah berlangsung lama. Karena Prof. Inoue sebelumnya beliau juga tergabung di Tokyo University,” ungkap Wakil Rektor Bidang Akademik ketika ditemui usai pertemuan.

Kerjasama yang dimaksud ujarnya, meliputi banyak hal mulai dari penelitian kolaboratif, pertukaran akademis baik untuk staf pengajar maupun mahasiswa. Rencana ke depan, Waseda University berharap dapat terwujud kunjungan balasan dari Unmul pada tahun depan ke Waseda guna membahas hal yang lebih detail. Sekaligus memperbaharui Memorandum of Agreement (MoA).

“Dulu kerjasama ini hanya meliputi antara Fakultas Pertanian dan Kehutanan. Sekarang ini adalah Fakultas Pertanian, Kehutanan, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Kerjasama yang akan dibicarakan nanti lebih luas dari kerjasama terdahulu pada saat beliau masih di Tokyo University. Lebih detail akan diatur dalam konteks MoA. Selain kesepakatan antara Universitas dan Universitas. Nanti bisa dijabarkan lagi,” papar Prof. Agung.

Dalam pertemuan ini, Rektor menegaskan akan segera menindaklanjuti kunjungan ini serta membahas hal – hal apa saja yang akan kembali disepakati dalam perjanjian kerjasama. “Diantaranya dalam bidang penelitian, pertukaran dosen dan para peneliti juga pada bidang perkembangan program pascasarjana,” katanya. Senin, (11/09).

Semakin banyak kerjasama dengan universitas asing, memanfaatkan kerjasama tersebut serta mengimplementasikan kesepakatan tersebut, Rektor berharap dan optimis Unmul akan lebih cepat mencapai level International Universtiy atau sebagai universitas berpredikat World Class University. (hms/frn)