Walikota Bontang Apresiasi Mahasiswa KKN Unmul


Tingkatkan Animo Masyarakat Lewat “Taxi Sampah Cantik”

Pemerintah Kota Bontang merasakan manfaat besar yang diberikan mahasiswa Universitas Mulawarman (Unmul) melalui program pengabdian kepada masyarakat atau yang sering disebut program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Gagasan dan ide-ide cemerlang mahasiswa telah banyak membantu masyarakat mendapatkan solusi terhadap berbagai permasalahan.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Walikota Bontang, drg. Hj. Neni Moerniaeni, Sp. OG dalam prosesi Serah Terima Mahasiswa KKN Unmul Angkatan 43 dari Pemerintah Kota Bontang ke Universitas Mulawarman, Kamis, (31/09), di Aula Kantor Lama Walikota Bontang Jl. Awang Long, Bontang.

Sebagai contoh nyata ujar Neni, hasil KKN mahasiswa Unmul di wilayah Bontang Barat. Beberapa waktu lalu dirinya melaunching “Taxi Sampah Cantik” yang efektif meningkatkan animo dan keterlibatan masyarakat dalam penanggulangan sampah, ini merupakan hasil dari akselerasi mahasiwa KKN terhadap program “Motor Sampah” yang sebelumnya telah dicanangkan Pemkot Bontang dari realisasi CSR Bankaltim.

Taxi Sampah Cantik di wilayah Bontang Barat berawal dari penanganan sampah melalui program “Motor Sampah” sebelumnya kurang maksimal. Mahasiswa “mempercantik” penampilan motor sampah dan mengakselerasi fungsinya mengikuti pola taxi keliling di pemukiman warga, hal ini berdampak pada animo masyarakat dalam turut serta tertib membuang sampah, dan setiap RT pun telah membuat jadwal bergilir untuk mengoperasikan maksimal Taxi Sampah Cantik tersebut berkeliling di pemukiman warga.

 “Atas nama seluruh masyarakat kota Bontang, kami mengucapkan terima kasih kepada Universitas Mulawarman atas kerjasama yang telah terjalin baik selama ini dan mempercayakan kembali Pemkot Bontang untuk turut andil dalam implementasi kegiatan KKN Unmul, juga kepada  seluruh mahasiswa KKN Angkatan 43 yang bertugas di berbagai kecamatan/kelurahan di wilayah Pemkot Bontang telah pun turut serta meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam menyukseskan program Pemerintah Kota Bontang, kami berharap kerjasama ini terus terjalin dan kami siap menerima kembali mahasiswa KKN di masa-masa yang akan datang,” imbuhnya.

Senada dengan Walikota, mewakili Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Unmul, Dr. Erwin, S.Hut., M.P memaparkan, bahwa Unmul senantiasa tetap menjaga komunikasi dan hubungan baik serta mengembangkan kerjasama dengan seluruh pemerintah daerah/kota se-Kalimantan Timur, baik melalui kegiatan kelembagaan maupun personal dari Civitas Akademika Unmul. Oleh karenanya, kegiatan mahasiswa melalui KKN ini menjadi jembatan yang sangat berharga bagi Unmul untuk tetap menjaga eksistensi hubungan baik tersebut, juga memperoleh informasi aktual dan faktual yang penting bagi pengembangan peran serta Unmul dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat dan pembangunan di berbagai daerah/kota se-Kalimantan Timur. 

“Atas nama Unmul dan mahasiswa KKN Angkatan 43, kami mohon maaf jika terdapat kekurangan dari kami selama berinteraksi dalam kegiatan KKN ini dan terima kasih pula atas kesediaan Pemerintah Bontang kembali untuk menerima mahasiswa KKN Unmul di masa-masa yang akan datang,” katanya.

“206 Delegasi Mahasiswa KKN Unmul yang terdiri dari 150 Mahasiswa Peserta KKN Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-P2M) Reguler Mandiri, serta 56 Mahasiswa KKN Tematik Kompetensi mengucapkan terima kasih kepada Walikota Bontang beserta segenap jajarannya dari tingkat RT/RW, Kelurahan, Kecamatan hingga Instansi/Dinas terkait yang telah banyak berperan serta dalam menyukseskan kegiatan KKN Unmul di wilayah Bontang,” lanjutnya.

Dihadapan para Camat dan Lurah di Kota Bontang yang hadir dalam kesempatan tersebut, dosen Fakultas Kehutanan Unmul ini menambahkan, sebagaimana kegiatan yang menjadi tugas pokok bagi seluruh Civitas Akademika Unmul dalam implementasi Tridharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, KKN ini merupakan salah satu yang diwajibkan bagi seluruh mahasiswa dalam rangkaian kegiatan akademik di tingkat Sarjana (Strata-1).

Capaian yang diharapkan dari kegiatan KKN selain sebagai wadah bagi mahasiswa untuk aktualisasi ide-ide kreatif dan berinovasi dalam mengembangkan pengetahuan yang dimiliki, juga sebagai miniatur dalam bermasyarakat sehingga nantinya sebagai seorang sarjana telah siap dan handal dalam berhadapan dengan realitas kehidupan di masyarakat dengan segala macam kompleksitasnya. (hms/frn)