UPT LI UNMUL Adakan Seminar Beasiswa dan Informasi Studi di Perancis


Unit Pelaksana Teknis (UPT) Layanan Internasional (LI) Universitas Mulawarman (UNMUL) melaksanakan seminar beasiswa dan informasi studi di Perancis guna meningkatkan motivasi dan membagikan tips dalam mendapatkan beasiswa. Acara tersebut diselenggarakan di Gedung Bundar Fakultas Kehutanan (Fahutan) UNMUL, Selasa (16/10).

Kepala UPT LI UNMUL Widi Sunaryo, S.P., M.Si., Ph.D menyampaikan bagi mahasiswa UNMUL yang ingin studi ke Perancis, tidak hanya studi tapi ada juga pertukaran mahasiswa. “Sebelum kesana, kemudian ada hambatan bahasa Perancis dan hambatan komunikasi studi di Perancis maka bisa datang ke warung. Termasuk didalamnya ada pelatihan bahasa Perancis tingkat dasar. Karena selama ini memang beasiswa ke Perancis termasuk yang kurang populer,” jelasnya.

Widi Sunaryo menambahkan, dosen-dosen di UNMUL ada yang alumni di Perancis itu tidak banyak. “Oleh karena itu, dengan rencana pembukaan warung Perancis di UNMUL kami berharap menjadi titik tolak untuk studi ke Perancis dan meningkatkan animo mahasiswa,” tuturnya.

Sementara, narasumber seminar beasiswa dan informasi studi di Perancis di sampaikan oleh Ines Schmitt. “Misi kami adalah untuk memberi tahu, menyarankan dan memandu Anda melalui prosedur online aplikasi online wajib CEF. Kami membantu Anda mengajukan permohonan ke lembaga pendidikan tinggi Perancis, hingga aplikasi visa pelajar,” kata Ines dalam bahasa Inggris.

Ines juga memaparkan mengenai sistem pendidikan tinggi di Perancis, peluang profesional di Perancis serta kualitas hidup di Perancis. (hms/zul)