UPT. Perkasa Helat Pelatihan Soft Skill


Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (PERKASA) Universitas Mulawarman (Unmul) menyelenggarakan pelatihan soft skill bagi mahasiswa dan alumni di Ruang Serbaguna Lantai Empat Rektorat Unmul, Selasa (25/04). Peserta pelatihan adalah mahasiswa di tiap-tiap fakultas yang ada di Unmul dan alumni serta dari Mahasiswa Universitas Tujuh Belas Agustus 1945 (Untag). Pelatihan soft skill ini dilaksanakan selama empat hari, dari tanggal 25 hingga 28 April 2017.

Rektor Unmul yang di wakili oleh Wakil Rektor Bidang kemahasiswaan dan Alumni Dr. Ir. Encik Akhmad Syaifudin, MP, menuturkan UPT. Perkasa ini sangat bermanfaat sebagai jalan dan penghubung antara mahasiswa dan alumni. “Sebagai mahasiswa tujuannya jangan hanya mendapatkan ijazah tetapi juga harus memiliki soft skill atau keterampilan. Di dunia akademik saat ini orientasinya masih pada hard skill atau kemampuan kognitif sehingga soft skill masih agak terabaikan. Kesuksesan seseorang tidak ditentukan semata-mata oleh pengetahuan dan kemampuan teknis atau hard skill saja,tetapi lebih oleh kemampuan mengelola diri atau soft skill,”kata Dr. Encik yang membuka acara pelatihan soft skill ini.

Pelatihan soft skill ini di moderatori langsung oleh Uni Sagena, M.Si.,Ph.D yang juga Ketua UPT. Perkasa. Sedangkan para narasumber dari dosen-dosen Unmul dan Biro Psikologi. Salah satu narasumber Dhonny Donannto, SP., M.Sc mengatakan bahwa yang diinginkan oleh para pendidik maupun pengguna lulusan adalah lulusan yang memiliki pengetahuan luas, keterampilan untuk menggunakan ilmunya di dunia kerja dan sikap serta perilaku sesuai etika dan norma yang berlaku di masyarakat.

Lebih lanjut Dhonny menjelaskan, selain memiliki pengetahuan dan teknologi di bidangnya, lulusan juga mampu untuk bekerja mandiri dan bekerjasama dalam tim, mampu berpikir logis dan analitis serta berkomunikasi lisan atau tulisan dengan baik. “Bagaimanapun juga kompetensi inilah yang ingin dihasilkan dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi (PT). Melalui peningkatan soft skill, diharapkan lulusan PT lebih mampu bersaing,”pungkasnya.

Diakhir sesi acara, Uni Sagena, M.Si., Ph.D, menyampaikan pesan kepada para peserta untuk terus antusias dan semangat dalam mengikuti pelatihan soft skill ini selama empat hari. “Gali informasi dan wawasan dari para narasumber, semoga pelatihan ini bermanfaat bagi kita semua,”harapnya. (hms/zul)