Unmul Terima Kembali Mahasiswa KKN Angkatan 43


Bertempat di Ruang Serbaguna Lantai Empat Rektorat Universitas Mulawarman (Unmul), Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M), Universitas Mulawarman (Unmul) melakukan kegiatan rutin yakni serah terima kembali mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan ke 43 tahun 2017 dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) ke Unmul.

Mewakili Ketua LP2M,  Dr. Esti Handayani Hardi, S.Pi., M.Si mengatakan kegiatan KKN mahasiswa Unmul tidak terlepas dari beberapa kerjasama dengan pihak-pihak terkait. Produk yang dihasilkan mahasiswa dalam menjalankan pengabdian pun sudah menjalani peningkatan. Salah satu hasilnya adalah perwakilan KKN yang bisa membantu pemerintah dalam penguatan kelembagaan di masyarakat.

KKN merupakan sebuah agenda penting bagi calon sarjana, hal itu diungkapkan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Encik Akhmad Syaifudin., MP. “Kami ingin katakan bahwa ini merupakan bentuk kegiatan yang wajib dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya dharma pengabdian pada masyarakat,” ujarnya. Rabu, (18/10).   

Dalam waktu mendatang harapnya, proses percepatan kelulusan mahasiswa bisa terbantu dari program KKN, mengingat di beberapa universitas lain di Indonesia telah menyetarakan KKN sekaligus dengan penelitian skripsi. “Kegiatan kemahasiswaan bisa disetarakan dengan beberapa hal. Kalian adalah aset bangsa yang luar biasa. Dengan bangga kami menerima kembali ananda sekalian dan bisa melanjutkan program perkuliahan hingga selesai,”katanya.

Gubenur Kaltim dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kaltim, Drs. H. Jauhar Effendi., M.Si mengungkapkan, selama KKN mahasiswa telah berada di tengah masyarakat.

Banyak pengalaman dan pengetahuan praktis yang didapatkan. “Semua itu mengandung makna yang sangat berharga dan menambah pengalaman,” jelasnya. Hasil-hasil dari program KKN yang telah dilalui mahasiswa harapannya dapat dijadikan bahan evaluasi semua pihak terutama untuk instansi terkait.

Dikesempatan yang sama, dalam slide presentasi salah satu perwakilan mahasiswa melaporkan hasil capaian KKN Desa Sejahtera Mandiri yang dilakukan di Desa Manunggal Jaya, Kabupaten Kutai Kartanegara. (hms/frn)