Unmul Sosialisasikan SNMPTN 2014 di Kota Balikpapan


Sama seperti tahun sebelumnya, bertujuan guna memaparkan secara umum dan teknis mengenai persyaratan pendaftaran, persyaratan penerimaan, juga diantaranya secara rinci disampaikan tata cara mengikuti SNMPTN yang terbagi menjadi dua tahap yakni pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) oleh sekolah dan verifikasi data oleh siswa sampai tahap pendaftaran SNMPTN 2014.

Dibuka oleh perwakilan Dinas Pendidikan Kota Balikpapan, Drs. H. Totok Ismawanto, M.Pd, pemateri saat sosialisasi yang diikuti oleh Humas Unmul ini, disampaikan langsung oleh Pembantu Rektor I Bidang Akademik Unmul, Prof. Dr. H. Afif Ruchaemi, M.Sc., Agr, didampingi Abdul Khadir, S.Kom., M.Si.

 “Unmul sebagai PTN di wilayah Kaltim ini berkewajiban melakukan sosialisasi rutin setiap tahun. Data yang kami miliki tahun lalu, dari ratusan sekolah yang ada di Kaltim maupun sebagian daerah yang sekarang sudah masuk Kaltara, hanya separuh atau 50 persen saja yang mendaftarkan siswanya di PDSS atau pada jalur undangan ini,” seru Prof. Afif. Kamis, (13/02).

Ia juga menyampaikan, untuk menyelenggarakan kegiatan yang direncanakan akan berlanjut hingga hari Sabtu, (15/02) mendatang meliputi Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), dan Kabupaten Paser tersebut langkah awal yang dilakukan terlebih dahulu panitia mengirimkan surat untuk melakukan sosialisasi ke sekolah – sekolah dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota yang ada di Kaltim untuk mengumpulkan para kepala sekolah di wilayahnya dan menentukan jadwal sosialisasi. Beberapa Kabupaten/Kota yang sudah melakukan konfirmasi kemudian dijadwalkan untuk di kunjungi tim sosialisasi yang sudah dibentuk.

Dalam kesempatan yang sama, dipaparkan pula informasi seputar beasiswa, khususnya seputar beasiswa bidik misi yang dipresentasikan oleh staf ahli Pembantu Rektor III Unmul, Aditya Irawan, S.Pi., M.Si.

Sampai rilis ini diturunkan tim sosialisasi baru saja menyelesaikan Sosialisasi SNMPTN 2014 di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Jum’at, (14/02) dan akan melanjutkan perjalanannya ke Kabupaten Paser untuk melaksanakan kegiatan serupa besok. (hms/frn)