Unmul Sosialisasi Penyempurnaan SIA Online yang Terintegrasi dengan PDDIKTI


Dalam menyamakan persepsi tentang Sistem Informasi Akademik (SIA) online Universitas Mulawarman (Unmul) yang terintegrasi dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti), Bagian Akademik Unmul mengadakan sosialisasi mengenai penyempurnaan SIA online tersebut. Kegiatan sosialisasi ini di hadiri oleh Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) beserta Sekretaris LP3M, Asisten Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Program Pascasarjana, Para Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas, Koordinator Program Pascasarjana baik S3 maupun S2 dan Kepala Program Studi (Prodi) di fakultas-fakultas di lingkungan Unmul.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono dalam laporannya memaparkan latar belakang mengapa acara sosialisasi ini dilaksanakan karena beberapa kali visitasi ataupun kehadiran para asesor, kita semakin menyadari bahwa keberadaan data kita khususnya di bagian PDDikti Unmul ternyata belum optimal atau sempurna. Sehingga menjadi faktor lemah dari penilaian para asesor. “Atas dasar itulah untuk menggerakkan seluruh elemen yang ada di Unmul khususnya elemen akademik, karena kami amat sangat meyakini dan berkali-kali kami juga telah sampaikan bahwa korbisnis dari universitas itu adalah akademik. Sehingga pilar-pilar utama kekuatan Unmul ini ada di baik prodi maupun fakultas. Atas dasar itulah kami mencoba untuk melaksanakan sosialisasi pada hari ini. Mungkin untuk hari ini masih cukup satu hari, tapi kami berniat bahwa tahun depan itu akan memperkuat dengan beberapa aktivitas konkret untuk memperkuat data-data kita di tingkat prodi sampai ke tingkat universitas, “jelas Prof. Agung yang juga Ketua Panitia kegiatan sosialisasi ini.

“Yang kedua, juga kita sangat sadari bahwa ada dinamika kebijakan dari kementerian yang begitu cepat, dan begitu banyak kebutuhan yang diminta oleh kementerian untuk kita penuhi. Diantaranya adalah sekarang kita sudah mulai mencoba memasuki nomor mahasiswa yang nanti ijazahnya juga menggunakan nomor nasional. Jadi, kebutuhan-kebutuhan ini juga membuat kita segera memperbaiki data-data kita, karena kalau tidak tentu kita mengalami kesulitan. Beberapa komplain juga terjadi dari beberapa lulusan kita yang ternyata tidak terdata juga di PDDikti lalu kemudian teman-teman prodi seringkali mengalami kesulitan pada saat menyusun instrumen atau yang dulu kita kenal dengan borang. Karena data yang dibutuhkan untuk penyusunan instrumen sendiri tidak sesuai dengan apa yang kita bisa dapatkan baik di SIA maupun PDDikti, “urai Prof. Agung.

“Semua ini sekali lagi pentingnya penyempurnaan data bahkan fitur-fitur yang kita miliki didalam beberapa sistem yang telah kita kembangkan. Dengan harapan pada akhirnya kita betul-betul memiliki sesuatu yang terintegrasi sistem yang menghubungkan dengan semua sistem dan semua jenjang pendidikan yang ada di Unmul. Semua itu kita akan memulai pada hari ini, kita mencari paling tidak ada kesamaan persepsi kita, apa yang menjadi kebutuhan kita bersama lalu kemudian apa yang telah kita lakukan sebagai suatu inisiatif lalu kita akan sampaikan kepada bapak ibu sekalian. Dengan harapan pada akhirnya kita akan mendapatkan satu titik temu antara kebutuhan dari seluruh prodi, fakultas dengan apa yang dikembangkan pada level universitas,” pintanya.

Sementara, Rektor Unmul Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si sebelum membuka acara sosialisasi ini menyampaikan berterima kasih dan mendukung penuh apa yang kita lakukan hari ini. Kegiatan ini merupakan proses penyempurnaan tentang data akademik yang selama ini menjadi persoalan kalau asesor datang karena kita tidak mampu menunjukkan secara detail, mungkin secara informasi lewat argumen banyak tetapi begitu diminta oleh asesor data konkretnya banyak yang tidak bisa menunjukkan. Termasuk juga sering beda data yang di prodi maupun fakultas termasuk di universitas maka dari itu diperlukanlah proses penyempurnaan. “Sosialisasi penyempurnaan SIA online ini dilakukan pada hari ini karena perkembangan akademik di Unmul sangat luar biasa. Salah satu buktinya adalah akreditasi institusi Unmul sudah mendapatkan akreditasi A, kemudian Prodi Peternakan juga telah meraih akreditasi A dan Perpustakaan Unmul juga sudah meraih akreditasi A. Ketiga elemen ini adalah bagian dari akademik, “tegas Prof. Masjaya.

“Dengan sosialisasi ini kita mencoba menyempurnakan SIA online supaya tercapai dengan baik. Jadi mari kita semua mendukung penuh kegiatan sosialisasi ini sehingga apa yang dilakukan hari ini adalah penyempurnaan. Bukan berarti kita tidak melakukannya sekarang, semua sudah melakukan tetapi mari kita sempurnakan supaya tidak kalang kabut kalau asesor datang dan bukan hanya kepentingan asesor melainkan kepentingan kita bersama. Setelah sosialisasi ini ditindaklanjuti, kemudian diamati dan dilaporkan perkembangannya, “pintanya.    

Penyampaian materi dari sosialisasi dibagi menjadi 2. Pemateri pertama narasumbernya yaitu Prof. Dr. Ir. Agus Sulistyo Budi, Prof. Dr. oec. Troph. Ir. Krisna P. Candra, MS, Dr. Hamdi Mayulu, S.Pt., M.Si, dan Hidayatul Muttaqien, S.Kom dan yang bertindak sebagai moderator adalah Ir. Suyadi, M.S., Ph.D. Sedangakan pemateri 2 yaitu Abdul Khadir, S.Kom., M.Si dan Isai Julianto M., S.Kom yang dimoderatori oleh Dr. Irawan Wijaya Kusuma, S.Hut., M.P. Kegiatan ini dilaksanakan di Ballroom Hotel Midtown, Samarinda, Selasa (28/11). (hms/zul)