UNMUL-KKP Sepakat Kerjasama di Bidang Kelautan dan Perikanan


Pelaksanaan Hari Kedua 2ndICTROPS 2018

Unversitas Mulawarman (UNMUL) kembali menambah mitra kerjanya. Hal tersebut dipastikan setelah penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara UNMUL dengan Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan (BRSDM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Rabu (19/09) di Hotel Novotel Balikpapan.

Kesepakatan bersama selama tiga tahun tersebut berkaitan tentang pendidikan, penelitian serta penerapan ilmu dan teknologi di bidang kelautan dan perikanan yang ditandatangani langsung oleh Kepala BRSDM KKP, Prof. Ir. R. Sjarief Widjaja, Ph.D, FRINA dan Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Hubungan Masyarakat UNMUL, Dr. Bohari Yusuf M.Si.

“Kita ingin mensinergikan program dari KKP dengan potensi yang dimiliki oleh UNMUL. Kita punya SDM dan Fakultas Perikanan yang bisa bekerjasama. Terpenting UNMUL juga siap mendukung program zonasi bersama Pemda dan DPRD serta memiliki pulau adopsi kedepannya,” tutur Dr. Bohari.

Kegiatan MoU ini merupakan rangkaian dari 2nd International Conference on Tropical Studies and Its Application (ICTROPS) 2018 yang digagas oleh program IsDB-PIU UNMUL. Sebelum melakukan perjanjian kerjasama, Prof. Ir. R. Sjarief Widjaja, Ph.D, FRINA turut memaparkan tentang Pembangunan Kelautan dan Perikanan secara Berkelanjutan dalam mendukung Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Selain itu, pada hari kedua ini juga diisi dengan presentasi Pusat Unggulan Iptek (PUI) Obat dan Kosmetika dari Hutan Tropika Lembab oleh Prof. Enos Tangke Arung, S.Hut., M.P. Serta pelatihan penulisan jurnal oleh Dr. Rudy Agung Nugroho, S.Si., M.Si. (hms/rob)

 

Berita terkait : ICTROPS 2018 : Bahas Studi Kelautan Tropis Berkelanjutan