Unmul Helat International Conference on Educational Management


Program Studi Magister Manajemen Pendidikan (PS-MMP), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Mulawarman (Unmul) sukses menggelar hajatan pertama International Conference on Educational Management. Mengambil tema “Empowering Educational Management for Globalizing Local Contetnt (Tropical Forest Environment)” acara ini terlaksana di Hotel Mesra Internasional, Samarinda, 18-19 Oktober 2017.

Prof. Dr. Susilo, M.Pd selaku Ketua Panitia menuturkan kegiatan ini diikuti sebanyak 150 peserta mahasiswa magister. “Tujuannya adalah untuk menyemangati para dosen dan mahasiswa, karena mereka dituntut untuk mempresentasikan artikel-artikel ilmiah di forum internasional. Ini juga sebagai bentuk membangun budaya menulis dan mempresentasikan karya ilmiah di forum internasional,” tuturnya.

Senada dengan hal tersebut, Rektor yang dalam hal ini diwakili Dekan FKIP Unmul, Prof. Dr. H. Muh. Amir, M.Kes hadir membuka acara secara resmi. “Kami berupaya membudayakan semua akademisi menulis dan mempublikasikannya baik dalam tingkat nasional maupun internasional,” ucapnya.

Kegiatan ini, lanjut, Prof. Amir, diharapkan dapat menyeimbangkan tri dharma perguruan tinggi. “Yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Ini adalah kegiatan konferensi internasional pertama bagi program magister, kedepan kami upayakan akan lebih banyak kegiatan serupa,” imbuhnya.

Untuk diketahui, konferensi ini menghadirkan dua keynote speaker. Diantaranya Associate Prof. Dr. Mohd. Izham Mohd hamzah, dari Universiti Kebangsaaan Malaysia yang memaparkan tentang “Strengthening Learning Organization: Technology Leadership for 21st Century Effective School”. Serta dari Unmul, Prof. Dr. H. Rachmat Soe’oed, MA, dengan judul “The Implementation of Total Quality Management in Mulawarman University: Obstacles and Challenges”. (hms/rob)