Unmul Dipercaya Buka 10 Prodi Baru


Sesuai dengan surat bernomor 446/E.E2/DT/2014 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), memberikan mandat kepada universitas terbesar dan tertua di Kaltim ini untuk menyelenggarkan 10 program studi (prodi) baru.

Adapun ke 10 Prodi baru di kampus Gunung Kelua sebutan Unmul ini yakni, Prodi Arsitektur (S1), Etnomusikologi (S1), Ekonomi Islam (S1), Keguruan Biologi (S1), Pendidikan Geografi (S1), Petro dan Oleo Kimia (D3), Survey dan Pemetaan (D3), Teknik Elektro (S1), Teknik Geologi (S1), serta Tekni Mesin (S1).  

Salah satu dari prodi-prodi tersebut pada tahun akademik mendatang Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Unmul telah mempersiapkan Prodi Etnomusikologi yang khusus di buka pada jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN), yang pendaftarannya dibuka mulai 17 sampai 31 Juli tahun 2014 ini. Prodi Etnomusikologi rencananya akan menjadi satu dari tiga prodi yang dimiliki FIB.

Pembantu Ketua II FIB Unmul, Mardliya Pratiwi Zamruddin, S.S., M.A. Tesol menjelaskan, Prodi Etnomusikologi FIB adalah Prodi yang mengkaji bentuk-bentuk seni pertunjukan yang berkaitan dengan dokumentasi musik etnis nusantara pada umumnya dan musik etnis Kaltim pada khususnya. “Di Indonesia, hanya ada 4 perguruan tinggi yang memiliki prodi Etnomusikologi. Universitas Sumatera Utara, ISI Solo, ISI Yogyakarta, dan Universitas Mulawarman,” katanya saat mendeskripsikan Prodi ini.

Prodi Etnomusikologi diharapkan dapat mewujudkan upaya penggalian dan pengembangan musik etnis khas Kaltim. Melalui kajian-kajian ilmiah yang berkesinambungan yang akan diselenggarakan oleh Program Studi Etnomusikologi. “Diharapkan akan muncul ilmuwan musik etnis yang mewakili Kaltim dan menyumbangkan prestasi bagi kekayaan khasanah Etnomusikologi Nusantara,” tegasnya.

Lebih jauh dijabarkan, para lulusan Prodi Etnomusikologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman nantinya dapat berkarya dibidang-bidang Pengkajian, Penyajian, Penciptaan, dan Pengelolaan, seperti, Kritikus/Ilmuwan Etnomusikologi, Peneliti di bidang Etnomusikologi, Dosen dan Guru Etnomusikologi, Pemerhati Etnomusikologi Nusantara/Daerah, Promotor pertunjukan Etnomusikologi, Pencipta/penulis lagu etnis dan Penyaji musik etnis. (hms/frn)