Universitas Mulawarman menjalin kerjasama dengan University of Kentucky USA


Jumat 25  April  2014, Rektor  Unmul, Prof.Dr.H. Zamruddin  Hasid, SE., SU  menandatangani  Memorandum of Understanding   (MoU) dengan  University of Kentucky, USA di ruang kerja Rektor Unmul. Dari pihak University of Kentucky diwakili  oleh Prof. Dr. Susan Carvalho, Associate Provost  for  International  Programs. 

Kedua universitas  sepakat  untuk mengembangkan  program  pendidikan,  pelatihan  dan penelitian. Menurut  Kepala International Office Unmul, Prof.Dr. Wawan Kustiawan,   kedatangan  Prof. Susan  Carvalho  sehubungan  dengan  penugasan   oleh USAID/HELM untuk  melakukan monitoring dan  mentoring  terhadap   pelaksanaan Program Riset Aksi (PRA)  di  Unmul.

Seperti diketahui, dari 45 peserta PRA yang berasal dari 15 pendidikan tinggi  itu, 3 peserta diantaranya  berasal dari  Dosen  Unmul.  Dalam waktu satu setengah harian  itu,  Prof. Susan  mencoba melakukan  observasi lapangan,  dialog dengan  tim peneliti Unmul  dan melakukan kunjungan kehormatan ke pimpinan universitas.   Pada hari Jumat  pagi,  ia  juga berkesempatan  memberikan  kuliah  umum  kepada  para  mahasiswa  Unmul  yang disambut dengan  antusias  oleh para mahasiswa  dengan mengajukan  beberapa  pertanyaan.

  • Prof. Wawan dari International Office  menambahkan bahwa  Institut Pertanian Bogor (IPB) dulu, sempat dibina oleh University of  Kentucky  secara intensif dengan  cara antara  lain dengan peningkatan kapasitas dosen termasuk mendatangkan  beberapa  professor dari Universitas Kentucky  ke IPB. Dikemukakan pula, bahwa dengan beberapa universitas di  Amerika  selain dengan University of Kentucky, Unmul  juga  telah melaksanakan penandatanganan MoU dengan Oregon State University  dan Indiana University  terkait dengan studi perubahan iklim dan deforestasi, serta dengan University of Texas El Paso (UTEP) yg bekerjasama dengan Fakultas Kehutanan.

(Sumber: UPS. Urusan Internasional Universitas Mulawarman)