Training ESQ Untuk Mahasiswa Baru Universitas Mulawarman


Training ESQ ini diikuti oleh 850 mahasiswa baru penerima Beasiswa Bidik Misi, namun dari jumlah ini akan dibagi ke dalam 2 kelompok, kelompok pertama diikuti 400 mahasiswa, dilaksanakan selama 2 hari pada Selasa (30/9) dan kelompok berikutnya pada Kamis (2/10) pun selama 2 hari.

Pada opening yang langsung dilakukan oleh Rektor Unmul Prof. Dr. H. Zamruddin Hasid, SE., SU di hadapan peserta ESQ, mengatakan bahwa adanya training ESQ ini akan sangat membantu mahasiswa untuk mendalami makna kehidupan yang sebenarnya.

"Ikutilah kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, pahami maknanya dan saya yakin kegiatan ini akan sangat bermanfaat untuk anda dan lingkungan anda," ucap Rektor.

"Saya pun pernah mengikuti training ESQ ini, bahkan sebanyak 4 kali, itupula yang mendasari saya untuk mendukung kegiatan ini dilakukan untuk perkembangan karakter mahasiswa Unmul," tambahnya.

Training ESQ sendiri di Unmul telah dilaksanakan 4 angkatan penerima beasiswa Bidik misi, juga pernah dilaksanakan training untuk staff dan dosen Unmul hingga untuk mahasiswa berprestasi dan aktifias lembaga kemahasiswaan di Unmul.

Training ESQ ini dipimpin oleh Denny Kurniawan dari Banjarmasin, yang merupakan Trainer Lisensi dari Ary Ginanjar Agustian pemimpin ESQ Leadership Center Jakarta, Denny dibantu dua trainer lainnya yakni Idham Chalid dan Musafir.

Pada pembukaan training juga hadir Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) Drs. H. Maskan AF., M.Si, Kepala Bagian Kemahasiswaan Jumrani, SH., M.Si, Kepala Sub Bagian Humas dan Protokol Unmul M. Ihwan S.Sos., M.AP.

Training ESQ sendiri adalah lembaga training yang focus membentuk karakter kepemimpinan yang digelar oleh ESQ Leadership Centre. ESQ merupakan gabungan emotional, spritual dan quotien, yaitu kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual. Bapak Ari Ginanjar selaku pencetus konsep ESQ, mencoba menggabungkan antara kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emotional (EQ), dan kecerdasan spritual (SQ) dalam satu konsep yang saling terintergasi yang disebut ESQ. Di dalam konsep ESQ, semua manusia punya intelektual dan punya emosional, tapi kedua hal tersebut tidak sempurna kalau tidak disatukan dengan kecerdasan spiritual.