ToT Digitalisasi CPL, RPS dan RPP


Bekerjasama dengan Project Implementation Unit (PIU), Islamic Development Bank (IsDB), Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Universitas Mulawarman (UNMUL) melaksanakan Training of Trainer (ToT) bertajuk Digitalisasi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), Rencana Pembelajaran Semester (RPS) serta Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Target kegiatan ini diharapkan agar para penanggung jawab bidang terkait dapat mendorong dan memotivasi serta merealisasikan program revitalisasi terkait kurikulum di lingkungan UNMUL dalam bentuk penyusunan Buku Katalog dan Database CPL, RPS dan RPP yang diprediksi rampung akhir bulan Agustus 2019.

“Buku dan katalog tersebut direncanakan akan kita luncurkan tepat pada rangkaian acara Dies Natalis UNMUL tanggal 27 September 2019 mendatang,” ungkap Ketua Panita kegiatan Prof. Dr. Lambang Subagiyo, M.Si, Rabu, (07/08) di Swiss-Belhotel Borneo, Kota Samarinda tempat acara digelar.

Hal ini perlu dilakukan urainya, karena pada dasarnya tugas Fakultas tidak hanya pada aspek pengajaran saja, namun dapat pula menyajikan program – program yang dimiliki dan memberikan perhatian kepada lulusannya. “Di dalam program kurikulum tersebut terdapat CPL, RPS sehingga masyarakat luas dapat mengetahui rencana pembelajaran yang disusun,” jelas Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNMUL ini.

Executive Secretary PIU-IsDB UNMUL, Anton Rahmadi, M.Sc., Ph.D sebelum membuka acara mengutarakan akreditasi unggul yang saat ini dimiliki UNMUL harus dipertahankan, salah satu caranya dengan sinkronisasi CPL, RPS dan RPP dalam sistem digital. Sementara itu Kepala Pusat Pelatihan/Pengembangan Pendidikan LP3M UNMUL, Dr. Sudarman., M.Pd dihadapan Wakil Dekan Bidang Akademik, Tim Sistem Informasi Akademik (SIA) dan Tim Kurikulum di lingkungan UNMUL yang hadir sebagai peserta memaparkan kegiatan pengembangan kurikulum UNMUL yang dilandasi oleh dasar pijak Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan kurikulum Pendidikan tinggi berbasis pola ilmiah pokok hutan tropis lembab dan lingkungan. (hms/frn)