Tingkatkan Kinerja Melalui Pelayanan Berbasis WEB


PR IV: Terapkan Mindset Less Paper

Bagian Sistem Informasi (SIM)Rektorat Universitas Mulawarman (Unmul) di bawah Biro Administrasi Perencanaan Kerjasama dan Sistem Informasi (BAPKSI) mengundang tidak kurang 100 peserta yang berasal dari para Pejabat Struktural di lingkungan kampus Gunung Kelua sebutan Unmul, mengikuti Pelatihan Peningkatan Kinerja Pegawai dalam Pelayanan Publik Berbasis Word Elektrik Browser (WEB) di Ruang Serbaguna Lantai Empat, Rektorat Unmul selama dua hari 10 – 11 Desember 2013.

“Maksud dan tujuan dari pelatihan adalah lebih ditekankan pada surat menyurat elektronik (electronic mailing) sebagai pedoman bagi instansi di lingkungan Unmul dalam pelaksanaan, pengelolaan, dan pengawasan surat menyurat electronic mailing dengan pemaparan materi dari tim ICT Unmul. Selain hal tersebut bertujuan pula untuk menyeragamkan webmail pejabat di Unmul, mulai dari Dekan di Fakultas dan Pejabat di Rektorat, guna perwujudan sistem persuratan electronik mailing yang baik.” Kata Ketua Panitia Acara sekaligus Kabag SIM, Ir. H. Bachruddin B., MP saat memberikan laporannya.

Sesaat sebelum membuka acara secara resmi, Pembantu Rektor IV, Prof. Dr. H. Suskisno S Riadi., MM yang juga bertanggung jawab pada bidang ini mengungkapkan, dengan kapasitas bandwidth mencapai 150 Megabyte (MB) Unmul akan terus meningkatkan sistem IT di universitas yang berdiri sejak tahun 1962 ini, khususnya untuk meningkatkan kinerja pegawai dalam pelayanan publik serta mewujudkan visi Unmul menuju World Class University yang mampu berperan dalam pembangunan daerah dan nasional.

Selain itu, dirinya juga mengajak para peserta yang hadir perlahan bisa menerapkan mindset less paper atau meminimalkan penggunaan kertas dalam melakukan pekerjaan sehari – hari dan beralih ke pekerjaan yang berbasis WEB misalnya mengerjakan naskah – naskah dinas yang dikelola secara elektronik, seperti yang sudah mulai diterapkan di beberapa universitas terkemuka di pulau Jawa. “Harapannya pula yang kita inginkan bersama dapat meningkatkan peringkat akreditasi univeristas salah satu aspeknya melalui pelayanan bidang administrasi,” ucapnya.

Seperti diketahui dan diberitakan sebelumnya beberapa unit kerja di bawah wewenang PR IV telah mengadakan beberapa pelatihan dengan materi berbeda seperti, pelatihan dibidang kepustakaan, sosialiasi penyusunan RKL, pelatihan pengadaan barang dan jasa, workshop perizinan orang asing. “Dan yang kelima adalah acara hari ini,” jelas PR IV.

Di pelatihan ini uraian pembahasan materi diberikan Kepala UPT ICT Unmul, Dedi Cahyadi, S.Kom., M.Eng serta Tim ICT. (hms/frn)