Tingkatkan Kapasitas dan Kapabilitas, Unmul Gelar Sosialisasi Keprotokolan


Sebanyak 50-an  peserta ikut ambil bagian dalam kegiatan sosialisasi keprotokolan di lingkungan Universitas Mulawarman (Unmul) yang bertempat di Midtown Hotel Samarinda. Peserta terdiri dari para kasubbag baik yang ada di fakultas, lembaga maupun UPT dan para staff kesekretariatan baik di rektorat maupun yang ada di fakultas di lingkungan Unmul.

Acara yang dilaksanakan selama satu hari, Selasa (15/08) tersebut bertujuan memberikan pengetahuan dan pemahaman di bidang protokol yang berguna dalam pelaksanaan keprotokolan di tempat kerjanya masing-masing.

Dalam laporannya Sugiyarta, S.E.,M.Si selaku Ketua Panitia Sosialisasi Keprotokolan menyampaikan terimakasih atas kehadirannya dalam sosialisasi keprotokolan ini karena akan memperoleh ilmu yang baru. “Yang hadir dalam kegiatan ini dari fakultas-fakultas, lembaga dan UPT. Para peserta yang hadir ini akan menerima ilmu yang baru dan ini saya mendatangkan langsung narasumber dari protokol kementerian. Silakan menyimak  dan mengambil ilmu yang bermanfaat ini dari narasumber. Tujuan kami dari agenda ini untuk membekali para peserta agar nanti di fakultas, lembaga dan UPT sedikit banyak bisa menjalankan mengenai keprotokolan ini,” ujar Sugiyarta, S.E., M.Si yang juga Kepala Bagian Umum Unmul.  

Rektor Unmul yang dalam kesempatan kali ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Umum, Sumber Daya Manusia (SDM) dan Keuangan Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si mengatakan hari ini kita bersama-sama bisa berkumpul dalam ruangan yang sangat representatif bagi kita khususnya civitas akademika. Kegiatan sosialisasi keprotokolan di hotel ini supaya kita bisa fokus dalam kegiatan inti pada hari ini. “Kita hadir pada hari ini disini tentu kita sudah memahami tujuan kita bagaimana meningkatkan sebuah komunikasi yang baik dalam rangka memberikan sebuah pelayanan yang positif salah satunya adalah bagaimana penyelenggaraan keprotokolan di lingkungan Unmul ini menjadi sebuah standar yang harus di lakukan oleh setiap unit dan setiap orang,”tegasnya.

“Kadang ada sesuatu yang simple saja dalam sebuah keprotokolan itu adalah bagaimana membangun sebuah komunikasi yang baik, contohnya public speaking, itu menjadi sangat penting, bahasa yang sederhana kalau disampaikan dengan baik akan sampai dengan informasi maksud dan tujuan dari hal yang ingin disampaikan. Tapi kalau disampaikan dengan bahasa dan komunikasi yang tidak baik akan memberikan sebuah interpretasi yang membuat orang menjadi miss komunikasi dan miss understanding,”pungkas mantan Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan ini.

Dr. Abdunnur menambahkan, ini sebetulnya tentu di dalam kegiatan sosialisasi keprotokolan di Unmul bagaimana meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang standar penyelenggaraan keprotokolan di Unmul terkait dengan unit dan fungsi masing-masing. “Dengan ini menjadi sangat penting bagi kita semua, bahwa dengan Unmul yang telah meraih akreditasi A tentu harus ada progress improvement terhadap semua program kegiatan salah satunya adalah kegiatan kehumasan dan keprotokolan ini yang menjadi sangat penting, yang akan menjadi sebuah tantangan bagi kita semua yang tentunya harus ada komitmen kita bersama untuk meningkatkan kapasitas, kapabilitas dari diri masing-masing tentu akan memberikan makna dampak dalam peningkatan institusi,”harapnya.  

Sementara itu narasumber dari Protokol Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Yayat Hendayana, S.S.,M.Si memaparkan sebuah institusi pada umumnya memiliki serangkaian aturan atau tata cara yang menjadi rujukan ketika mengadakan acara resmi. “Aturan itu meliputi tata letak logo, tata tempat, tata upacara dan tata penghormatan untuk menghormati tamu sesuai dengan jabatan dan kedudukan yang disandangnya. Hal yang perlu diperhatikan dalam protokol adalah persiapan dan koordinasi dengan pihak-pihak yang menyelenggarakan kegiatan, sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan sesuai dengan rencana,”ucapnya. (hms/zul)