Tim Asesor BAN-PT Kunjungi Unmul


Bertujuan untuk melakukan re-akreditasi institusi di Universitas Mulawarman (Unmul), Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Senin, (27/03) mengunjungi Kampus Gunung Kelua, sebutan Unmul. Tim Asesor diketuai oleh  Prof. Dr. Marwan Asri., M.BA dengan anggota, Prof. Dr. Ahmad Thib Raya., MA, Prof. Soesanto, Prof. Dr. Ir. Bambang Suryawan., MT dan Prof. H. Hery Purnobasuki., M.Si., Ph.D.

Berlangsung di Ruang Rapat Satu Lantai Tiga Rektorat Universitas Mulawarman (Unmul), Rektor Unmul, Prof. Dr. H. Masjaya., M.Si berharap Unmul bisa setara dengan universitas lain seperti di luar pulau jawa. Di ruangan tersebut Rektor menyampaikan beberapa kemajuan universitas yang dipimpinnya salah satunya peringkat nasional Unmul dalam beberapa bidang diantaranya saat ini Unmul menempati peringkat 32 nasional dalam produktivitas jurnal yang terindeks global dan tercatat sebagai yang terbaik se Kalimantan.

“Kami ingin dan berharap banyak dari peningkatan akreditasi Unmul. Kami pun siap mewujudkan apa saja yang kurang dari universitas ini, serta kami seluruh unsur pimpinan di lembaga ini berkomitmen agar Unmul maju dan pada saatnya nanti bisa setara dengan universitas lain,” tegas Rektor.

Terlebih Unmul memiliki kekhususan yang tidak dimiliki peguruan tinggi lain, yaitu sebagai pusat unggulan studi tropis. “Mudah-mudahan pada tahun ini, Unmul muncul sebagai perguruan tinggi yang berakreditasi A pertama di Pulau Kalimantan,” harap Rektor.      

Ketua Tim Asesor menyatakan, selama satu hari timnya akan banyak melakukan diskusi sebagai tindak lanjut dari tahap pertama yakni membaca laporan tertulis borang akreditasi. Berlanjut pada tahap selanjutnya adalah visitasi di lapangan untuk melakukan konfirmasi dari data yang tertuang di dalam borang dengan bukti yang ada dilapangan.

“Apa yang diharapkan dari Unmul sangat bisa dipahami. Dalam pertemuan ini kami harapkan diberikan data yang selengkap mungkin. Untuk melengkapi data yang sebelumnya sudah tertuang di dalam borang,” jelasnya.

Selain itu, beberapa agenda tim Asesor selama visitasi di Unmul adalah melakukan konfirmasi isi borang dan tanya jawab, wawancara pararel pengguna, alumni, mahasiswa dan dosen. Dilanjutkan hingga aktivitas tinjauan ke Fakultas dan fasilitas.

 

Ajak Civitas Akademika Doa Bersama

Sebelum menjamu kedatangan Tim Asesor, segenap civitas akademika dipimpin oleh Rektor terlebih dahulu menggelar apel bersama di halaman Rektorat. Dihadiri seluruh unsur pimpinan hingga staf, Rektor mengajak seluruh hadirin untuk memanjatkan doa untuk kelancaran proses visitasi.

“Mari kita bersama beraktivitas membangun dan membesarkan Unmul. Khusus hari ini kita akan kedatangan tamu yang merupakan tim asesor dari BAN-PT untuk menilai apakah Unmul layak mendapatkan akreditasi institusi dari B ke A,” urainya.

Namun begitu jelas Rektor, maju tidaknya universitas ini khususnya untuk peningkatan akreditasi tidak akan terlepas dari dukungan semua pihak. “Komitmen kita tidak lain adalah kebersamaan, untuk mewujudkan visi universitas. Kerja maksimal sudah kita lakukan doa sudah kita panjatkan, semoga apa yang kita harapkan dapat tercapai,” tutur Rektor. (hms/frn)