Telusuri Sejarah, Unmul Bentuk Tim Khusus


Selama 4 hari, tim khusus yang dibentuk Universitas Mulawarman ini mengunjungi kediaman Rektor pertama Universitas Mulawarman Ir. R. Sambas Wirakusumah, M.Sc di Jakarta dan Rektor keempat Prof. Ir. H. Rachmad Hernadi, M.Sc di Kota Yogyakarta, dari tanggal 22 hingga 26 Oktober 2013. Dibentuknya tim khusus ini adalah dalam rangka untuk menyusun kembali urutan sejarah masa kepemimpinan Rektor setelah era Presidium dalam bentuk dokumentasi Audio Visual.

Tim yang terdiri dari 8 orang ini diketuai oleh Irman Irawan, M.Sc dan didampingi Kasubbag. Humas dan Protokol Unmul M. Ihwan, S.Sos., M.AP dan 6 anggota lainnya dari staff dan Dosen Universitas Mulawarman. Tujuan utama tim ini ialah mengumpulkan rekaman audio visual berupa wawancara dengan saksi sejarah perjalanan Universitas Mulawarman yakni Sambas Wirakusumah dan Rachmad Hernadi, ditambah dengan kunjungan tim ini ke Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Jakarta untuk mencari arsip dan dokumentasi yang berkaitan dengan Universitas Mulawarman.

Kunjungan dimulai ke kediaman Sambas Wirakusumah di bilangan Jalan BDN Raya Cilandak Jakarta Selatan. Saat bertemu, Sambas menerima dengan hangat kehadiran tim ini, walau terlihat renta tapi kondisi kesehatan pria yang juga pernah menjabat sebagai Atase Pendidikan Kedutaan Besar Indonesia untuk Amerika Serikat ini terlihat sangat bugar, dan menjawab pertanyaan dari tim Unmul dengan lugas.

Pertanyaan yang diajukan kepada Sambas ialah seputar bagaimana ia terpilih menjadi Rektor pertama Unmul, dan berbagai kisah perjuangannya dalam memimpin Universitas Mulawarman. Selama hampir 60 menit tim dan Sambas serta anggota tim terlibat perbincangan hangat mengenai hal-hal yang sangat ringan, tentang keluarga, dan keadaan sekarang.

Selanjutnya secara perlahan tim menanyakan kembali urutan sejarah bagaimana seorang Sambas Wirakusumah terpilih menjadi Rektor pertama Universitas Mulawarman. Sambas menceritakan perjalanan masuknya ia ke Kalimantan Timur yang diawali dengan pertemuannya dengan sosok Rachmad Hernadi hingga akhirnya memimpin Universitas Mulawarman selama 8 tahun dari tahun 1972 hingga 1980.

Begitupun saat tim melakukan kunjungan ke kota kediaman Rektor ke 4 Universitas Mulawarman Rachmad Hernadi. Rachmad, begitu Ia akrab disapa menyambangi tempat yang telah kami tentukan sebelumnya di kawasan Palagan Yogyakarta untuk melakukan wawancara.

Tak berbeda dengan Sambas, Rachmad pun menceritakan sejarah perjalanan Universitas Mulawarman dalam mencari sosok Rektor Unmul, namun Rachmad masih sangat hapal dan fasih sekali menceritakan urutan bagaimana perjalanan mencari sosok Rektor pertama Universitas Mulawarman hingga saat ia memimpin Universitas Mulawarman selama 2 periode sejak 1997 hingga 2005.

Rachmad Hernadi, mengungkapkan keinginannya untuk kembali mengabdi pada Universitas Mulawarman entah dalam bentuk apa, Rachmad sangat senang Universitas Mulawarman melalui tim yang hadir masih peduli tentang bagaimana menghargai sejarah dan tokoh-tokoh pendiri kampus terbesar di Kalimantan Timur ini.

“Kunjungan kalian pada kami mempunyai arti penting bagi kami, ini menunjukkan bahwa kita masih beradab dengan menghargai perjuangan orang-orang terdahulu dalam membangun Universitas Mulawarman,” tukas Rachmad.

Meski sekarang menetap di Yogjakarta, Samarinda mempunyai makna tersendiri bagi Rachmad, semua anaknya lahir di ibukota Provinsi Kalimantan Timur ini. Samarinda begitu melekat di hatinya, dan bahkan sangat ingin kembali ke Samarinda meski hanya berkunjung.

Rachmad mengutarakan keinginannya untuk berkunjung ke Universitas Mulawarman kelak, entah diundang pada acara yang dilaksanakan Universitas Mulawarman maupun hanya sekedar berkunjung. Rachmad memang dikenal sebagai sosok yang lugas, meski usianya sudah lanjut namun ia tidak pernah diam, selalu ada saja kegiatan yang ia lakukan di waktu senggangnya.

Rachmad terlihat sangat sehat, bahkan dari kediamannya yang berjarak 2 jam perjalanan dari kota Yogjakarta ia mengendarai sendiri mobil sedan Civic hitamnya, dan datang bersama istri Ibu Sri Koeswardhani.

Selanjutnya tugas tim ini ialah mendokumentasikan kembali perjalanan 51 tahun Universitas Mulawarman dengan tokoh-tokoh Universitas Mulawarman seperti mantan Rektor Prof. Dr. Ir. Achmad Ariffien Bratawinata, M.Agr, dan bahkan Rektor sekarang Prof. Dr. H. Zamruddin Hasid, SE., SU dan beberapa tokoh lainnya. Materi yang didapat dari hasil wawancara dengan tokoh-tokoh ini akan diolah dan kemudian dijadikan media dokumentasi baik buku, video dan lainnya.