Targetkan Zero Korupsi, Unmul dan Kejati Kaltim Akan Jalin Kerja Sama


Dalam rangka mengintegrasikan fungsi Perguruan Tinggi dengan Penegak Hukum dan Keadilan, dalam waktu dekat Universitas Mulawarman (Unmul) akan menjalin kerja sama dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalimantan Timur (Kaltim). Hal tersebut ditandai dengan kunjungan Rektor Unmul Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si bersama para Wakil Rektor dan Dekan Fakultas ke kantor Kejati Kaltim, Rabu (12/04).

“Kunjungi ini dalam rangka silaturahim dan meminta agar pihak Kejati mau untuk berbagi terkait pemahaman hukum melalui sumber daya yang dimiliki,” ucap Prof. Masjaya. “Bentuknya bisa berupa kuliah umum, atau mengajar matakuliah khususnya di Fakultas Hukum,” imbuhnya.

Rektor juga menambahkan, Unmul mendapat amanah dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) agar dapat mendeklarasikan zero korupsi di lingkungan kampus. Kedepan, kerja sama ini akan dibingkai dalam sebuah perjanjian kerja sama atau Memorandum of Unferstanding (MoU).

Kepala Kejati Kaltim, Dr. Fadhil Zumhana, S.H,. M.H beserta pejabat terkait menyambut positif kedatangan dari rombongan Unmul. Ia mengatakan, ini akan menjadi sinergitas yang baik karena Perguruan Tinggi sebagai tempat membangun orang terpelajar dan Kejaksaan sebagai penegak hukum dan keadilan. “Kami sangat mendukung penuh dengan apa yang digagas oleh Unmul ini. Mari kita bangun budaya hidup tertib, karena dengan hidup tertib pasti tidak akan ada korupsi dan Perguruan Tinggi sebagai contoh bersih dari korupsi,” tuturnya. (hms/rob)