Tahun 2017, Pendaftar dari Kubar Meningkat


Sosialisasi SNMPTN, SBMPTN dan SMMPTN Tahun 2018

SMKN 2 Sendawar, Kabupaten Kutai Barat (Kubar) merupakan daerah selanjutnya kunjungan sosialisasi yang dilakukan oleh tim Universitas Mulawarman (Unmul). Materi yang dibawakan pun sama, yakni penjelasan lengkap tentang informasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi (SMMPTN) tahun 2018.

Dipimpin oleh Kepala Bagian Akademik, Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK) Unmul, Drs. Edward Doran, dihadapan para perwakilan Kepala Sekolah dan Siswa SMA maupun SMK se Kabupaten Kubar yang hadir, selain menyampaikan profil terbaru Unmul, dirinya turut memaparkan data peminat dan siswa yang diterima di Unmul pada jalur SNMPTN tahun 2017 lalu.

“Jumlah pendaftar pengisian PDSS untuk tahun 2017 mengalami peningkatan. Data yang kami terima tahun kemarin untuk Kabupaten Kubar total jumlah peminat sebanyak 296 siswa yang memilih Unmul sebagai pilihan PTN pertama maupun yang dipilih sebagai PTN kedua. Dari jumlah tersebut jumlah yang lulus masuk di universitas ini sejumlah 98 orang,” ujarnya.

Terhitung mulai tanggal 21 Februari hingga enam Maret 2018 ditambahkannya, jalur SNMPTN memasuki tahapan pendaftaran dan siswa berhak memilih Program Studi dan PTN favoritnya. “Pada tanggal – tanggal tersebut siswa bisa menggunakan password PDSS nya untuk memilih perguruan tinggi dan program studi yang ada di empat zona, khusus Unmul masuk pada zona tiga,” katanya. Rabu, (21/02).

Sedangkan, Kepala Sub Registrasi dan Statistik BAK Unmul, Abdul Khadir, S.Kom., M.Si mempresentasikan landasan konseptual SNMPTN dan SBMPTN salah satunya adalah sebagai wahana perekat bangsa karena diikuti oleh siswa lintas wilayah di seluruh Indonesia. “Sehingga dalam kampus PTN terbangun komunitas Bhineka,” tegasnya.

Dalam sesi diskusi, salah satu perwakilan sekolah menyampaikan beberapa kendala yang dialami salah satunya masalah perbedaan data disebabkan karena perubahan nama atau alamat sekolah dengan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) yang sudah terdaftar di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Memfasilitasi hal tersebut, solusi yang diberikan pihak Unmul sebagai panitia lokal adalah memberikan nomor kontak panitia pusat untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Di sosialisasi ini, sebagai tuan rumah hadir menyambut tim Unmul, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Kubar, sekaligus Kepala SMKN 2 Sendawar, Raymundus, S.Pd. Meski begitu, di acara sosialisasi dirinya diwakili Joko Suroso, S.Pd. (hms/frn)

 

Laporan Langsung Humas Unmul dari Sendawar, Kabupaten Kutai Barat