Sosialisasi Manajemen Internasionalisasi PT dan Pengembangan Program Internasional


Unit Pelaksana Teknis (UPT) Layanan Internasional (LI) Universitas Mulawarman (Unmul) menyelenggarakan sosialisasi Manajemen Internasionalisasi Perguruan Tinggi (PT) dan Pengembangan Program-Program Internasional, yang dilaksanakan di Ruang Rapat I Lantai Tiga, Rektorat Unmul, Senin (27/11).

Kepala UPT. LI Unmul, Widi Sunaryo, S.P., M.Si., Ph.D menyampaikan terima kasih kepada para narasumber bisa menyempatkan hadir di Unmul. Semoga bisa memberikan manfaat dan hasilnya bisa dirasakan oleh unit-unit atau fakultas masing-masing sehingga program internasionalisasi di fakultas itu semakin terasa dan membawa unmul menjadi selangkah lebih maju.

“Kami sangat berharap bahwa program-program internasionalisasi di Unmul berjalan karena pengembangan program-program internasional, baik melalui pengembangan jejaring (network), kerja sama, bidang penelitian ataupun bidang akademik itu merupakan suatu langkah strategis bagi universitas untuk meningkatkan marwahnya untuk meningkatkan akreditasinya,”urainya.

Lebih lanjut Dosen Fakultas Pertanian Unmul ini memaparkan, program-program internasional juga merupakan suatu korbisnis dari universitas untuk meningkatkan PNBP. Apalagi Unmul sekarang sudah Badan Layanan Umum (BLU) artinya penerimaan di luar SPP itu merupakan suatu keharusan. Oleh karena itu, sangat tepat sekali kita mengundang para narasumber dari Kemenristekdikti dan Internasional Office dari Universitas Binus yang akan memberikan kita motivasi-motivasi dan strategi-strategi bagi universitas seperti kami supaya bisa menangkap peluang-peluang untuk meningkatkan kerja sama dan peluang-peluang untuk pengembangan program-program internasional.

“Bagi kami UPT. LI memang itu bagian dari tupoksi tapi kami promosi, kami menjalankan semua program-program tersebut intinya itu di unit masing-masing. Kami promosikan adalah unitnya, oleh karena itu unitnya juga harus seiring dan sejalan untuk mengembangkan program-program internasional yang memiliki nilai jual,”jelasnya.

Sementara, Rektor Unmul Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si sebelum membuka acara sosialisasi ini mengatakan bahwa salah satu visi Unmul adalah mewujudkan menjadi world class university. Tentu ini tidak mudah karena sudah cukup lama digaungkan tapi tahapan-tahapan ini kita sudah mulai. “Unmul sudah masuk universitas yang unggul karena akreditasinya sudah A, tetapi penguatan-penguatan keunggulan belum di world class university, saya pikir masih perlu pemikiran dan berbagai aktivitas salah satunya yang dilakukan hari ini. Kami memang sudah mewanti-wanti dan memberikan beberapa arahan kepada fakultas untuk menjamin kerja sama secara internasional tentu dikoordinasi oleh UPT LI. Alhamdulillah beberapa fakultas sudah merencanakan untuk menjadi ada satu starter point, yaitu menjadi kelas internasional. Kepada para narasumber bisa membagi ilmu pengetahuan dari sosialisasi. Semoga dengan adanya sosialisasi ini bisa memberikan pemahaman kepada kita semua, “tutur Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unmul ini.

Narasumber dari sosialisasi ini yaitu R. Purwanto Subroto, Ph.D, Adhrial Refaddin, S.IP keduanya dari Kemenristekdikti, dan Laily Alfa Citra, S.Kom., M.Kom dari Internasional Office Universitas Binus. Kegiatan ini dihadiri Para Dekan Fakultas, Ketua Lembaga, Para Wakil Dekan Fakultas dan dosen-dosen di lingkungan Unmul. (hms/zul