Sosialisasi BPJS Kesehatan di Lingkungan Unmul


Sebagai upaya menindaklanjuti akan dilakukannya perubahan pola pembiayaan kesehatan, PT. Askes (Persero) melakukan Sosialisasi Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dalam Rangka Menyongsog Jaminan Kesehatan Nasional di Universitas Mulawarman (Unmul).

Rektor Unmul, Prof. Dr. H. Zamruddin Hasid, SE., SU membuka langsung kegiatan sehari tersebut di Ruang Serbaguna Lantai Empat Rektorat Unmul, Senin, (09/12) serta dihadiri segenap civitas akademika di universitas ini.

Acara yang diikuti pula oleh Pembantu Rektor (PR) III Unmul, Prof. Dr. H. Helminuddin., MM dan Kepala Divisi Regional Delapan PT. Askes (Persero), dr. Tolopan Tobing, pemaparan materi dari narasumber membahas seputar (BPJS) Kesehatan kepada seluruh peserta sosialisasi, dipaparkan dalam kesempatan tersebut BPJS adalah Badan Hukum yang dibentuk  untuk menyelenggarakan Program Jaminan Kesehatan.

Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) adalah suatu tata cara penyelenggaraan Program Jaminan Sosial oleh beberapa Penyelenggara Jaminan Sosial. Memiliki tiga azas, lima program, dan sembilan prinsip. Lebih jauh BPJS dibagi dua Macam antara lain, BPJS Kesehatan-Jaminan Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan meliputi Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun dan Jaminan Kematian. (hms/frn)