Siapkan Gelaran OSN Pertamina, FMIPA Unmul Lakukan Video Conference


Selain berkomunikasi menggunakan sarana Video Conference dengan Dikti, pada kesempatan yang sama, agenda yang bertujuan untuk saling berkoordinasi mengenai agenda rutin tahunan itu, terhubung pula dengan beberapa Perguruan Tinggi (PT) Mitra diantaranya, ITB (Institute Teknologi Bandung), ITS (Institut Teknologi Sepuluh November), UB (Universitas Brawijaya), UNLAM (Universitas Lambung Mangkurat), UNHAS (Universitas Hasanuddin), UNTAD (Univeristas Tadulako), UNG (Universitas Negeri Gorontalo), dan UNSYIAH (Universitas Syiah Kuala).

Secara umum, diskusi yang dilakukan adalah laporan dari PT Mitra mengenai kesiapan pelaksanaan kegiatan meliputi, jumlah peserta, sampai pada progress distribusi atribut publikasi.

Pembantu Dekan I, FMIPA Unmul, Dra. Hj. Ratna Kusuma., M.Si mengatakan, dari Unmul sudah mulai banyak yang mendaftar untuk bersaing pada seleksi tingkat provinsi (kategori proyek sains dan teori),pada tanggal 24 September mendatang, dilanjutkan penyisihan proyek sains (presentasi online) 3 sampai 6 Oktober 2014.  

Meski begitu dalam proses tersebut katanya, kendala yang ditemukan universitas adalah terbaginya wilayah antara Kaltim dan Kaltara. “Meski demikian, Unmul tetap mengirimkan logistik bahan publikasi OSN ke Universitas Borneo, Kaltara sebagai keperluan untuk melaksanakan kegiatan serupa,” ucapnya.

OSN Pertamina yang ketujuh kalinya ini, merupakan ajang kompetisi ilmiah bagi para mahasiswa dari PTN/ PTS di seluruh Indonesia dan menjadi wadah generasi muda mengekspresikan diri, menampilkan karya cipta, serta mengukir prestasi. Kegiatan ini juga bermanfaat salah satu diantaraya yakni membangun semangat berkompetisi bagi para mahasiswa Indonesia untuk meningkatkan kualitas diri agar dapat bersaing di dunia kerja baik di tingkat nasional maupun internasional. (hms/frn)