Serentak, Unmul Adakan Kampus Nusantara Mengaji Bersama 55 PT se-Indonesia


Lantunan ayat suci Al-Quran bergema di 55 Perguruan Tinggi se-Indonesia. Tepatnya pada Jumat (29/09), dalam rangkaian hari jadi Universitas Mulawarman (Unmul) ke-55 tahun. Agenda akbar Kampus Nusantara Mengaji ini sukses digelar dengan khataman Quran sebanyak 55 kali yang dihadiri langsung oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Republik Indonesia, Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak.

Prof. Nasir mengatakan, melalui Kampus Nusantara Mengaji kita bisa silaturahim serta mengingat kepada Allah SWT melalui Al-Quran yang memberikan tuntunan kepada kita semua. Meredam situasi indonesia yang sedang tercabik-cabik dalam berbangsa dan bernegara. “Maka dengan Nusantara Mengaji diharapkan kembali kita memahami Al-Quran dengan baik yang bisa memberikan rahmatan lil alamin,” tuturnya.

Ada hubungan atau ukhuwah, lanjut Prof. Nasir yang harus kita jaga. Pertama ukhuwah islamiyah saudara seagama yaitu islam, yang kedua ukhuwah wathaniyah yaitu saudara sebangsa dan setanah air. Ketiga adalah ukhuwah basyariyah atau saudara sebagai manusia diseluruh dunia.

“Melalui kegiatan ini juga, kita ingin menjaga keseimbangan dan kestabilan yang ada di Samarinda khususnya dan di Indonesia pada umumnya. Jangan sampai perbedaan menyebabkan suatu pertikaian. Justru perbedaan itu adalah hikmah. Ini adalah satu kekayaan yang harus kita jaga terus. Kita sebagai umat Islam harus merawatnya, maka melalui nusantara mengaji kita harus merawat Indonesia untuk masa yang akan datang,” imbuhnya.

Terakhir, Menristekdikti mengatakan Unmul kedepan diharapkan mampu menjadi universitas yang lebih dewasa dan mampu mencetak kader yang berkualitas dimasa yang akan datang serta menjadi salah satu universitas yang berstandar Internasional.

Rektor Unmul, Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk rasa syukur karena bertepatan dengan peringatan Dies Natalis ke-55, Unmul berhasil meraih Akreditasi Institusi A. “Peserta yang mengikuti kampus nusantara mengaji ini sebanyak 1.650 orang. Ini juga diikuti secara langsung melalui video conference serentak 55 Perguruan Tinggi se-Indonesia. Terimakasih atas dukungan dan partisipasinya kepada Rektor dan pimpinan perguruan tinggi dari Aceh sampai Papua yang ikut dalam kegiatan ini sehingga acara pada hari ini dapat berjalan dengan lancar,” ucapnya dalam acara yang terselenggara di Masjid Al-Maruf Samarinda.

Kegiatan Kampus Nusantara Mengaji ini turut dihadiri oleh Sekretaris Provinsi Kalimantan Timur, Dr. H. Rusmadi Wongso, MS., Direktur Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Dr. H. Didin Wahidin, M.Pd, perwakilan Pangdam, Kapolda, Kapolres, MUI, NU, Muhammadiyah, pejabat, Dharma Wanita dan civitas akademika Unmul. (hms/rob)