Serah Terima Kembali Mahasiswa KKN Unmul Angkatan ke 40


"Pelaksanaan KKN itu sendiri dilaksanakan sejak tanggal 25 Juni-24 Juli 2014. Peserta berjumlah 2.046 Mahasiswa,terbagi atas 265 kelompok, penempatan di 14 kabupaten atau kota terdiri atas 5 kabupaten di Provinsi Kaltara, dan 9 Kabupaten di Provinsi Kaltim termasuk Kabupaten Mahakam Ulu 2 kelompok (minus Kabupaten Kutai Kartanegara), 61 kecamatan (263 desa/kelurahan,"Kata Ketua Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Unmul,Prof.Dr.Susilo,S.Pd.,M.Pd usia serah terima kembali mahasiswa KKN Unmul yang ke 40 di GOR 27 September Unmul pada Selasa(16/09).

Susilo menambahkan, jenis KKN tahun ini ada 2 bagian, yaitu KKN Kerjasama Pemerintah Daerah (Pemda) sebanyak 631 mahasiswa dan KKN Desa Binaan sejumlah 1.415 mahasiswa.

Sementara Gubernur Provinsi Kaltim,yang diwakili Kepala Bidang Teknologi Tepat Guna,Ir.H.Surya Dharma Herman,M.Si,menjelaskan berbagai masalah, diidentifikasi dan dirumuskan. Kemudian bersama masyarakat lainnya, para mahasiswa berupaya untuk memecahkannya, karena kompleksnya permasalahan dalam masyarakat, tentu saja tidak semua masalah dapat dipecahkan secara cepat dan tuntas.

"Namun demikian hal tersebut sebenarnya merupakan pengetahuan dan pengalaman yang sangat berharga dan bermanfaat, para mahasiswa telah menerapkan teori yang diperoleh dibangku kuliah,khususnya kepada masyarakat di pedesaan,"tandasnya.

Sementara Rektor yang di wakili Pembantu Rektor (PR) I Unmul,Prof.Dr.Ir.H.Afif Ruchaemi,M.Agr.Sc, memaparkan KKN ini masih banyak manfaatnya. Terima kasih kepada Pemprov Kaltim atas pengembalian mahasiswa KKN.

"Terima kasih kepada gubernur, walikota, dan bupati yang sudah memfasilitasi program ini. Secara resmi Unmul menerima kembali mahasiswa KKN,"tuturnya.

Afif juga menyampaikan selamat kepada Prof.Susilo yang telah menjadikan LPPM Unmul semakin maju.(hms/zul)