Seminar Nasional Kependidikan Pascasarjana FKIP


Hadir dalam seminar ini Rektor Universitas Mulawarman yang baru saja dilantik, Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si , Dekan FKIP Drs. H. Syahril Bardin, M.Si, dan Ketua Panitia Seminar yakni Dr. Edi Rachmad, M.Pd. juga dihadiri 150-an peserta yang berasal dari mahasiswa S2, S3 Kependidikan FKIP Unmul, maupun alumni dan praktisi pendidikan di Samarinda.

Ketua Panitia Dr. Edi Rachmad, M.Pd dalam laporan mengatakan latar belakang terpilihnya tema tersebut diatas ialah karena pada tiap-tiap daerah memiliki layanan manajemen kependidikan yang berbeda.

"Layanan Manajemen Kependidikan masing-masing daerah selalu berbeda, oleh karena itu diperlukan penguatan dan pengembangan manajemen kependidikan tersebut agar lebih baik di depannya," ucapnya.

"Pada prinsipnya, focus penyelenggaraan layanan manajemen kependidikan memperhatikan unsur 3T, terluar, terdepan dan tertinggal, yang bertujuan  melakukan percepatan pembangunan yang berbasis pada penyiapan pendidikan yang bermutu bagi seluruh putra-putri bangsa yang berada di daerah 3T tersebut," tambahnya.

Sedangkan Dekan FKIP Unmul Drs. H. Syahril Bardin, M.Si dalam sambutannya mengatakan meng-apresiasi apa yang telah dilakukan oleh Program Pascasarjana Kependidikan Unmul dengan Seminar Nasional Ini.

"Seminar Nasional Kependidikan yang meski cuma sekali pelaksanaannya dalam setahun ini cukup membuat nama FKIP harum didunia pendidikan khususnya di Kalimantan Timur," tuturnya.

Sementara itu, Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si, yang pertama kalinya memberikan sambutan dan membuka acara dengan jabatan barunya sebagai Rektor Unmul setelah dilantik pada 14 Oktober 2014 lalu di Jakarta oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan agar hasil dari seminar ini bisa dijadikan sebagai bahan pikiran baru untuk perbaikan di masa depan.

"Seminar ini jangan berhenti di ruangan ini, tapi harus ada kelanjutannya entah dalam bentuk masukan, pemikiran maupun ide-ide baru yang akan sangat berguna bagi masyarakat maupun yang berkepentingan," ucapnya.

"Kalau bisa Seminar Nasional Kependidikan ini dilaksanakan tidak hanya satu kali dalam setahun, lebih banyak lebih baik, dengan harapan akan semakin banyak pula masukan, pemikiran dan ide-ide yang datang dari pembahasan bersama pakar-pakar pendidikan di Indonesia," tutup Rektor yang sekaligus membuka acara secara resmi.

Seminar Nasional Kependidikan ini menghadirkan narasumber nasional yang berasal dari prakitisi pendidikan maupun akademisi, yakni Prof. Dr. Sugiyono, M.Pd (UNY/penulis buku), Prof. Dr. Sunyoto Usman (UGM), serta beberapa pembicara lokal yakni Dr. Warman, M.Si, Dr. Sestuningsih, M.Pd, Dr. Jawatir Pardosi, M.Si, Dr. Widiat Mike Gede Mulawarman, M.Hum, Dr. Sudarman, S.pD. M.Pd., Dr. Pramudjono, MS dan Dr. Sugeng,M.Pd.

Dan pada kesempatan yang sama Rektor Unmul Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si dan Dekan FKIP Drs. H. Syahril Bardin, M.Si didaulat untuk mengukuhkan pengurus Ikatan Alumni (IKA) Pascasarjana Kependidikan Unmul yang diketuai oleh Dr. Sudarman, S.Pd., M.Pd.