Seminar Nasional Awali Perayaan HUT Faperta Unmul


Bertempat di Gedung Bundar Faperta Unmul, Kamis, (24/04), seminar tersebut merupakan awal dari beberapa rangkaian acara guna merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Faperta Unmul ke 51 tahun  yang akan dilanjutkan dengan beberapa kegiatan lainnya.

Rektor Unmul, Prof. Dr. H. Zamruddin Hasid, SE., SU membuka secara resmi acara yang bertema “Membangun Pertanian Menuju Ketahanan Pangan dan Kesejahteraan Masyarakat tersebut.

Saat sesi seminar berjalan, civitas akademika dari Faperta Unmul, Dr. Bernatal Saragih, S.P., M.Si menyampaikan situasi pangan global dan pencapaian ketahanan pangan  di Kaltim dalam paparan presentasi di hadapan perwakilan Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Provinsi Kaltim yang juga turut hadir sebagai peserta.

“Situasi pangan global dewasa ini ditandai dengan peningkatan perkiraan produksi serealia dunia tahun 2012 sebesar 2,42 milyar ton atau naik 3,2 persen dari tahun 2011,” katanya.

Dikatakannya, produksi gandum global diperkirakan turun sebesar 2,9 persen, karena kurang baiknya produksi di Federasi Rusia, China, dan India. Sebaliknya, ,menurut peraih gelar S3 bidang Ilmu Gizi Masyarakat ini, untuk beras dan jagung mengalami kenaikan masing-masing sebesar 7,3 persen dan 2,2 persen.

Kenaikan produksi jagung disebabkan karena kenaikan produksi di Brazil. “Sedangkan untuk beras, akibat membaiknya prospek produksi padi di Asia, terutama China dan Thailand. Perkiraan konsumsi serealia tahun 2011/12 sedikit naik ketingkat 2,38 miliar ton, atau naik 2,1 persen dari tahun 2010/11,” tambahnya.

Rektor Unmul menyebutkan, beberapa kegiatan HUT Faperta diharapkan dapat mempererat hubungan silahturahmi antar sesama mahasiswa pertanian, dosen-dosen serta alumni Fakultas yang beralamat di Jl. Kuaro Faperta Unmul Kampus Gn. Kelua tersebut.

“Salah satu tujuan penting dari beberapa acara untuk perayaan HUT Faperta Unmul ini adalah bisa terbangun rasa kebersamaan dan kekeluargaan serta rasa saling memilki untuk membangun salah satu Fakultas yang tertua di Unmul kearah yang lebih baik di tingkat daerah (Kaltim) maupun nasional,” tegasnya. (hms/frn)