Sembilan Mahasiswa FKIP Siap Lakukan PPL Internasional


Saiful Bahri, Program Studi (Prodi) Bahasa Inggris, Hadijah, Prodi Matematika, Luluh Setyawati, Prodi PGSD, Trie Anggun dan Rizky Amalia dari Prodi PAUD, Euis Paramitha dan Regira dari Prodi Biologi serta Tyas Bella bersama Fuad Sulistio dari Prodi Fisika, merupakan sembilan mahasiswa terpilih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Mulawarman (Unmul) untuk mengikuti Program Pengalaman Lapangan (PPL).

Kepastian tersebut, dibacakan oleh Koordinator PPL Internasional FKIP Unmul, Dr. Sunardi, S.S., M.Hum di acara Pelepasan Mahasiswa Peserta PPL Internasional Tahun 2018. Terlaksana di Ruang Rapat Satu Lantai Tiga Rektorat Unmul, (15/01), dipaparkan bahwa PPL ini akan berlangsung selama satu bulan di Thailand dan Filipina yaitu dari tanggal 22 Januari hingga 18 Februari 2018 mendatang.

“Saya selaku kordinator PPL International FKIP mewakili rekan-rekan PPL mengucapkan terima kasih yang tiada terkira atas kesempatan yang diberikan,” imbuhnya. Tujuan program ini disampaikannya, merupakan bagian integral dari proses pendidikan pada jenjang S1.

“PPL bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa pada kegiatan pembelajaran riil di kelas internasional. Kegiatan pembelajaran tersebut meliputi perencanaan, orientasi pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran di sekolah, dan kegiatan sosial budaya lainnya baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah dan kampus,” tambahnya.

Ia pun berharap kegiatan PPL internasional ini tidak hanya bermanfaat bagi kegiatan pembelajaran mahasiswa, tapi juga bermanfaat bagi rekognisi FKIP dalam rangka mendukung Unmul menjadi World Class University.

Dekan FKIP, Prof. Dr. Muhammad Amir Masruhim., M.Kes menyatakan, kegiatan seperti ini jelas sangat bermanfaat bagi fakultas. Kesempatan melakukan PPL Internasional diakuinya sangat berharga, karena selain meningkatkan skill berbahasa, mahasiswa yang mengikuti program ini akan menambah pengetahuan baru. “Kalian bisa menambah relasi selama mengikuti kegiatan PPL ini,” jelasnya.

Ke depan, harap Dekan, Fakultas yang dipimpinnya bisa meningkatkan program Internasionalisasi yang tidak hanya PPL Internasional namun bisa meningkat menjadi program KKN Internasional. “Artinya jika PPL ini suatu saat bisa disejajarkan dengan Program KKN. Maka mungkin nanti kita bisa melaksanakan sekaligus,” harapnya.

Sejalan dengan visi Unmul menuju World Class University, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Encik Akhmad Syaifudin., MP yang hadir di acara serimonial itu menegaskan, visi tersebut bisa tercapai salah satu upayanya adalah aktivitas PPL Internasional.

“Mewakili Rektor kami mengucapkan selamat untuk FKIP program ini dapat terlaksana. Jika melihat perkembangan, kita berharap bahwa tahun demi tahun terdapat lompatan-lompatan, meskipun kecil tetapi merupakan lompatan dalam rangka mewujudkan road map Unmul,” ujarnya.

Di bidang kemahasiswaan yang menjadi tanggung jawabnya, di ruangan tersebut ia menjelaskan saat ini sedang dibangun sistem agar mahasiswa ke depan bisa secara periodik mencatat prestasi apa saja yang dicapai selama menempuh studi di Unmul.

“Di sistem informasi manajemen prestasi mahasiswa itu, mahasiswa bisa mencatat prestasi apa saja yang sudah dicapai baik yang bersifat akademik maupun non akademik,” tutupnya. (hms/frn)