Seleksi Tahap I ON MIPA-PT di Unmul


Tahun ini, pelaksanaan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) kembali terselenggara. Termasuk di kampus hijau, Universitas Mulawarman (Unmul) yang memulakan proses seleksi tahap I, Senin-Selasa (26-27/02). Sebanyak 138 peserta mengikuti tes tertulis sesuai dengan bidang pilihannya, yakni biologi, fisika, kimia, statistik dan matematika.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. H. Encik Akhmad Syaifudin, MP mengatakan perhelatan ini merupakan amanat dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia. “Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kemampuan dan wawasan mahasiswa menguasai sisi akademis dari pelajaran fisika, kimia, biologi dan matematika,” jelasnya.

Kedua, lanjut Dr. Encik, perhelatan ON MIPA memberikan kesempatan dalam bidang profesi masing-masing. “Khususnya untuk menyeleksi pada tahap pertama ini dan selanjutnya berlanjut tahap II di tingkat wilayah pada 21-22 Maret 2018 mendatang,” ucapnya.

“Setelah terpilih nantinya, akan ada pembinaan mahasiswa oleh para coach yang mendampingi dimasing-masing bidang sampai dengan para peserta diberangkatkan. Tujuannya tidak semata-mata menang saat ini saja, tapi bisa membawa nama baik Unmul di tingkat nasional. Serta dengan adanya pembinaan kami berharap bisa lebih optimal,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pengumuman hasil seleksi ON MIPA-PT di Universitas Mulawarman dapat dilihat melalui laman www.unmul.ac.id pada Jumat, (02/03). (hms/rob)