Seleksi ON MIPA-PT di Tingkat Wilayah, 12 Mahasiswa Unmul Ikut Bersaing


Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) merupakan ajang kompetisi mahasiswa di bidang sains (Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi). Universitas Mulawarman (Unmul) kembali mengirimkan mahasiswa terbaiknya untuk bersaing diajang ON MIPA-PT Tahun 2018 di tingkat Wilayah Kopertis XI di Banjarmasin.

Penyelenggaran ON MIPA-PT ini rutin dilaksanakan setahun sekali oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Kegiatan seleksi ON MIPA-PT tingkat Wilayah ini dilaksanakan di 14 Kopertis atau Wilayah secara serentak diseluruh Indonesia. Pelaksanaannya dimulai hari ini, Rabu sampai dengan Kamis (21-22/03).

Mahasiswa Unmul yang mengikuti kegiatan seleksi ON MIPA PT tingkat Wilayah XI yaitu, dari Bidang Matematika yakni, Indah Putri C. (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), Arvin Airlangga (Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi), Syaifi Nurun (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Dari Bidang Fisika antara lain, Rachma Putri, Akbar Perdana dan Suci Erniya, ketiganya dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Sementara, dari Bidang Kimia adalah Aulia Nauli (FKIP), Fakhry Gripaldi (FMIPA) dan Megawati (FKIP). Sedangkan dari Bidang Biologi antara lain Devi Aprisanti Ritonga, Renny Septiana dari FKIP dan Fahmi Baihaqqi dari FMIPA.

12 Mahasiswa Unmul ini ikut bersaing dari 215 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Kalimantan. Selain dari Unmul sendiri, ada 15 perguruan tinggi yang juga mengirimkan mahasiswa terbaiknya untuk ikut berkompetisi diajang Seleksi ON MIPA-PT tingkat wilayah ini. 15 perguruan tinggi itu antara lain, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Tanjungpura, Universitas Palangka Raya, Universitas Islam Kalimantan MAB, Universitas Borneo Tarakan, STIKES Sari Mulia Banjarmasin, Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, Sekolah Tinggi Teknologi Bontang, Institut Teknologi Kalimantan, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, Universitas Antakusuma, Universitas Balikpapan, STKIP PGRI Banjarmasin, STKIP Paris Barantai dan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Acara yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Kopertis Wilayah XI Kalimantan, dimulai tepat pukul 09.00 WITA. Sesaat sebelum soal dibagikan, panitia dari Kopertis membacakan tata tertib dan aturan dalam seleksi Tingkat Wilayah ON MIPA-PT. “Pelaksanaan ON MIPA tingkat wilayah XI dilaksanakan di 2 tempat, yaitu untuk di Banjarmasin dilakukan di Gedung Serbaguna Kopertis dan di Pontianak yang digelar di Kampus Universitas Muhammadiyah Pontianak, “kata Nazib,S.Sos Panitia Kopertis Wilayah XI Kalimantan.

Pengumuman untuk seleksi Tahap II atau Seleksi Tingkat Wilayah ini, akan diumumkan tanggal 4 April 2018, yang akan dikirimkan surat ke masing-masing perguruan tinggi dan akan diumumkan di laman http://belmawa.ristekdikti.go.id (hms/zul)   

   

 

Laporan Langsung Staff Humas Unmul Sulkarnain, S.I.Kom dari Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan