Sarasehan Unmul, Hadirkan Rektor Pertama


Hadirnya Rektor pertama Universitas Mulawarman (Unmul), Prof. Dr. Ir. R. Sambas Wirakusumah., M.Sc di malam sarasehan dalam rangka memperingati Dies Natalis ke 55, diutarakan merupakan bukti kecintaannya terhadap Unmul, Rektor Unmul, Prof. Dr. H. Masjaya., M.Si juga menjelaskan selama pengabdian beliau, Unmul telah berhasil menggagas Pola Ilmiah Pokok (PIP) universitas yaitu Hutan Tropis Lembab dan Lingkungannya.

“Keberhasilan yang dicapai Unmul saat ini tidak terlepas dari peran para pendiri dan pimpinan universitas terdahulu dan juga kerjasama kita semua,” tutur Prof. Masjaya.

Dihadapan para tamu undangan, Rektor tidak lupa mengumumkan beberapa agenda penting Unmul di Dies tahun ini, diantaranya menggelar Rapat Senat Terbuka yang sudah dilaksanakan, kemudian Unmul juga akan menghadirkan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti), Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak untuk hadir dalam acara Nusantara Mengaji dan Jalan Sehat.

“Tanggal 29 September pak Menteri akan menghadiri kegiatan nusantara mengaji karena Unmul saat ini usianya 55 tahun,maka di acara tersebut nanti akan dilaksanakan 55 kali khatam Al-Quran yang dilakukan oleh mahasiswa dan civitas akademika, serta terhubung langsung melalui teleconference dengan 55 perguruan tinggi lain di Indonesia,” katanya.

“Masih bersama Menteri, kemudian besoknya akan dilanjutkan dengan aktivitas jalan santai bersama, sekaligus meninjau beberapa gedung di lingkungan kampus yang mangkrak pembangunannya. Karena perlu diketahui, beliau sudah mengeluarkan kebijakan bahwa Insha Allah semua akan didanai untuk kelanjutan pembangunan gedung-gedung tersebut. Mari hadir bersama-sama di tanggal 30 September,” tambahnya.    

Harapan besar juga datang dari alumni Unmul H. Rusman Ya'qub, S.Pd, M.Si. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim) itu menyatakan setelah diraihnya akreditasi A Unmul, sudah selayaknya Unmul mempertahankan peringkat unggul tersebut. Keberadaan alumni, diakuinya masih jauh dari apa yang diharapkan.

“Oleh karena itu kami akan mulai melakukan pembenahan disana sini, dan ke depan harus kita dorong, karena menurut saya salah satu kunci menuju kesuksesan sebuah universitas adalah alumni. Kontribusi alumni harus semakin nyata,” katanya.

Menurutnya, para alumni juga harus memiliki jaringan atau networking sehingga lulusan Unmul benar-benar memiliki makna dan memiliki tempat terbaik di masyarakat. “Terima kasih pak Rektor atas perjuangan yang sudah dilaksanakan. Saya harap Unmul bisa lebih maju lagi,” harapnya.

Di Auditorium Unmul tempat acara berlangsung, malam sarasehan ini diisi dengan penampilan tari persembahan dari mahasiswa UKM Tari dan hiburan akustik. Selain itu diumumkan pula para pemenang lomba kebersihan kampus serta lomba tumpeng tingkat fakultas. (hms/frn)