Sambut Dies Natalis, Fakultas Kedokteran Unmul Gelar Bakti Sosial


Sambut Dies Natalis, Fakultas Kedokteran Unmul Gelar Bakti Sosial

Dilaksanakan di Poliklinik Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman (FK Unmul), Minggu (26/11), Bakti Sosial Fakultas Kedokteran diikuti oleh ratusan masyarakat. Mereka tidak hanya berasal dari lingkungan kampus Gunung Kelua, pun juga ada yang berasal dari Samarinda Seberang, hingga Palaran.

Kegiatan Bakti Sosial FK Unmul ini memang mengundang banyak animo masyarakat yang ingin mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis. Pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan secara parallel meliputi sunatan masal  yang bekerjasama dengan Ikatan Alumni FK Unmul, pemeriksaan umum dan gigi, pemeriksaan laboratorium yakni gula darah dan golongan darah. Tidak hanya pemeriksaan kesehatan, tapi juga ada kegiatan Donor Darah yang bekerjasama dengan PMI Cabang Samarinda dan Seminar Interaktif. Di seminar Interaktif ini, FK menghadirkan dua bahasan utama yakni pencegahan penyakit stroke dan diabetes.  Sementara itu, khusus untuk sunatan masal, FK Unmul bekerjasama dengan Pesantren Hidayatullah dan SD 007 Gelatik, Samarinda. Kegiatan ini melibatkan seluruh sivitas akademika FK Unmul dan menjadi bagian dari Tri Dharma PerguruanTinggi.

Bakti Sosial FK Unmul ini dilaksanakan dalam rangka Dies Natalis FK Unmul ke-16, mengangkat tema “Bersama Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman Mewujudkan Masyarakat Tanggap dan Peduli Sehat”. Gagasan kegiatan ini juga dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional ke-53 pada 12 November 2017 lalu. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mendekatkan diri diantara  Fakultas Kedokteran dan Poliklinik Unmul dengan masyarakat.

Bakti Sosial FK Unmul dibuka oleh Rektor Unmul, Prof. Dr. H. Masjaya, M,Si, didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Encik Akhmad Syaifudin MP, Dekan FK Unmul, dr. Ika Fikriah, M.Kes, Wakil Dekan II FK Unmul drg. Very Asfirizal, M.Kes, serta Ketua Panitia, dr. M. Khairul Nuriyanto, M.Kes.

Rektor Unmul dalam sambutannya menyatakan apresiasinya kepada FK Unmul atas kegiatan Bakti Sosial ini, karena dirasa akan sangat bermanfaat bagi masyarakat. “Saya rasa kegiatan ini akan sangat dirasakan oleh masyarakat manfaatnya, semoga saja membawa berkah bagi kita semua,” ucapnya.

Di sela-sela agenda pemeriksaan kesehatan, penyelenggara juga membagikan hadiah berupa doorprize dengan hadiah utama Kulkas kepada masyarakat. Turu mendukung kegiatan ini ialah BNI Unit Mulawarman, Laboratorium Prodia, PT. ROCHE dan Apotek Sabena Farma. (hms/arc)