Resmi Dibentuk, UKM MPC UNMUL Kenalkan Olahraga Petanque


Setelah resmi terbentuk dan dilantik berdasarkan Surat Keputusan Rektor, Mulawarman Petanque Club (MPC) yang merupakan sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Universitas Mulawarman (UNMUL) mulai menggelar berbagai agenda rutin demi memacu semangat kompetitif dan memberikan wadah bagi para mahasiswa yang gemar berolahraga sekaligus memperkenalkan olahraga asal Perancis tersebut.

Memiliki lapangan atau yang lazim disebut dalam olahraga ini sebagai Line yang bertempat di Kompleks Olahraga GOR 27 September UNMUL, lomba pertama sukses digelar. Mengandalkan media sosial dan grup pesan singkat, selain dari UNMUL sendiri panitia berhasil mengumpulkan 20 peserta berasal dari tiga Perguruan Tinggi serta beberapa sekolah di Kota Samarinda.

Selama dua hari, lima hingga enam April 2019, peserta mengikuti beberapa kategori diantaranya Shooting Man, Shooting Woman dan Double Open."Dengan format lomba yang terbuka untuk umum, diharapkan bisa menghilangkan kesan eksklusif dan memperkenalkan Petanque ke masyarakat umum," sebut Nikita Aiwa, koordinator Double Open dan Shooting UKM MPC 2019.

Sementara itu, sebagai pemenang peserta dari UNMUL menjuarai kategori Shooting Man, untuk Shooting Wowan dijuarai delegasi dari Widyagama. Serta dinomor Double Open perwakilan dari STIMIK WICITA menjadi juara.

"Alhamdulillah lomba berjalan menyenangkan dan lancar. Kami juga berencana mengadakan event serupa setiap dua pekan untuk menjaring bakat muda sekaligus melatih mental, apalagi Petanque akan dilombakan di POMNAS 2019 dan PON 2020 Papua," jelas Niki bersemangat.

Ketua UKM MPC Adi Putra menyatakan, dukungan pihak kampus membuat UKM ini jauh berkembang. Sejak diresmikan Rektor UNMUL pada 27 Februari 2019 lalu, mereka mulai bergerak cepat melakukan sosialisasi olahraga Petanque yang telah dikenalkan di Indonesia sejak tahun 90-an.

“Dibentuk dengan beranggotakan 20 orang, selaku Ketua UKM tentunya belum merasa puas, terlebih jika melihat potensi mahasiswa yang gemar olahraga. Oleh karenanya, unit kegiatan mahasiswa ini coba mengadakan agenda rutin demi memacu semangat kompetitif sekaligus memperkenalkan olahraga asal Prancis ini ke masyarakat luas,” jelas Adi. (ukmmpc/hms/frn)

 

Daftar Juara Double Open & Shooting UKM Mulawarman Petanque Club 2019:

 

Double Open

Juara 1. M. Afif dan Kholifatul Azka (STMIK WICIDA)

Juara 2. Adi Putra (UNMUL) dan M. Reynaldi (Pelajar SMA, SMAPAN)

Juara 3. Satria Dwi (UNMUL) dan Seltiana (Widyagama Mahakam)

 

Shooting Man

Juara 1. Satria Dwi (UNMUL)

Juara 2. Putra Aji (UNMUL)

Juara 3. M. Afif (STIMIK Wicida)

 

Shooting Woman

Juara 1. Seltiana (Widyagama Mahakam)

Juara 2. Darna Ellina (UNMUL)

Juara 3. Nikita Aiwa (UNMUL)

 

 

Foto: UKM MPC UNMUL