Rektor Unmul Mewisuda 1.184 Lulusan


Wisuda Unmul Gelombang IV Tahun 2017

Ucapan selamat dan penghargaan setinggi-tingginya disampaikan oleh Rektor Universitas Mulawarman (Unmul) kepada para wisudawan dan hadirin dalam Upacara Wisuda Gelombang IV 2017 Program Diploma, Sarjana, Profesi, dan Pascasarjana Unmul, Sabtu (09/12).

Dalam acara yang terselenggara di Gor 27 September Unmul tersebut, Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si mengajak para wisudawan agar mengamalkan seluruh pengetahuan yang dimiliki. Karena ilmu yang tidak diamalkan ibarat pohon yang tak berbuah. “Sungguh luhur sekali cita-cita yang tadi diucapkan saat janji lulusan wisudawan. Diantaranya, taat, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, setia kepada pancasila dan UUD, menjaga nama baik almamater, mengamalkan ilmu pengetahuan, dan mementingkan kepentingan orang banyak dari pada kepentingan pribadi,” ucapnya.

Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unmul ini juga mengucapkan terimakasih kepada para orangtua, keluarga yang telah mempercayakan Unmul untuk dititipkan anaknya sehingga menjadi putra-putri terbaik yang mempunyai kontribusi terhadap pembangunan khususnya di Kaltim.

“Wisuda Unmul hari ini akan mampu membuktikan dapat menjaga nama baik Unmul, yaitu Universitas yang berakreditasi A. Rasanya juga sangat pantas kalau aktivitas para alumni selaras pengabdiannya di tengah-tengah masyarakat yakni akreditasi A. Karena itulah yang kami harapkan untuk memberikan kontribusi dan berperan memajukan negara,” imbuhnya

Diakhir sambutannya, Rektor meminta kritikan, saran dan evaluasi dari para alumni untuk kemajuan Unmul. “Tolong kami dievaluasi, sehingga kedepan inshaAllah perubahan yang lebih baik itu akan dapat terwujud,” pungkasnya.

Sebelumnya, Rektor Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, Prof. Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr. turut hadir memberikan orasi ilmiah dalam kesempatan ini. Ia memaparkan tentang “Strategi Menggali Keunggulan Lokal dalam Meningkatkan Saya Saing Bangsa untuk Pembangunan Berkelanjutan melalui Pendidikan Transformatif”.

Menurut Prof. Tri Hanggoro, tantangan yang sifatnya semakin kompleks dan berkembang begitu pesat di tengah masyarakat, yang berlangsung umumnya dengan kecepatan yang melebihi kemampuan kita untuk mengantisipasinya, mendorong perguruan tinggi untuk  mengembangkan strategi yang harus lebih progresif dalam mempelajari, mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui implementasi tri dharmanya, jika perguruan tinggi ingin terus berkontribusi dalam pembangunan di tingkat nasional, regional maupun global.

“Perguruan tinggi harus tetap mempertahankan kepemimpinan akademiknya. Kepemimpinan akademik dalam konteks interdependensi inilah yang akan mendorong perguruan tinggi untuk terus dan selalu mengupayakan berbagai potensinya secara komprehensif dan sinergis sepenuhnya demi kemaslahatan umat manusia, yang dikenal sebagai pendidikan transformatif,” urainya.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unmul dalam laporannya menyampaikan, total wisudawan-wisudawati Program Diploma, Sarjana, Profesi dan Pascasarjana gelombang IV ini diikuti sebanyak 1.184 orang. Adapun lulusan terbaik Program Pascasarjana berhasil diraih oleh Endah Wulandari, dari Magister Manajemen Pendidikan IPK 3.88, Pprogram Sarjana diraih Vera Rahmawati dari Fakultas Pertanian IPK 3.88 dan Nurhasanah Program Diploma dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik. IPK 3.88. Prosesi pindah kuncir toga ini pun ditutup dengan penyerahan alumni secara simbolis oleh Rektor Unmul kepada Ikatan Keluarga Alumni Unmul. (hms/rob)