Rektor Ungkapkan Unmul Perlu Lakukan Tiga Kerja Ini


Sebagai upaya penanganan secara terarah dan terstruktur pada periode kepemimpinan Rektor 2014 -2018, telah ditetapkan visi pembangunan Universitas Mulawarman (Unmul), yakni menjadi Perguruan Tinggi unggulan dengan misi mewujudkan sumberdaya manusia dan tata kelola kelembagaan yang profesional.

Visi dan misi tersebut secara formulasi terkesan sederhana, tetapi dari sisi esensi sejatinya membutuhkan kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan terlebih dalam bingkai kerjasama yang baik, secara vertikal maupun internasional, serta secara internal maupun eksternal.

Hal itu disampaikan Rektor Unmul, Prof. Dr. H. Masjaya., M.Si saat menyampaikan pidatonya dalam Rapat Senat Terbuka Universitas Mulawarman (Unmul) dalam rangka Dies Natalis ke 55 di Ruang Serbaguna Lantai Empat Rektorat Unmul.

“Berdasarkan visi dan misi tersebut, dan dengan keyakinan agar dapat membuat lompatan bena atau significant leap, kedua misi Unmul tersebut memiliki tujuan dan sasaran yang harus dicapai hingga akhir periode Rektor 2014-2018,” urainya. Selasa, (26/09).

Dihadapan para anggota senat, Rektor merincikan tujuan dan sasaran tersebut yaitu meningkatkan kualitas civitas akademika dan tenaga kependidikan Unmul, meningkatkan kualitas hasil dan manfaat kegiatan Tridharma Unmul, mengoptimalkan tata kelola administrasi keuangan dan pendanaan Unmul, mengoptimalkan tata kelola akademik dan kemahasiswaan Unmul, memperluas jaringan kerja dan kemitraan nasional dan internasional Unmul, serta mengoptimalkan dukungan infrastruktur akademik dan administrasi Unmul.

Data – data capaian positif terkait peningkatan kinerja, ungkap Rektor, pada tahun 2015 ke tahun 2016 tahun lalu yang telah dilaporkan kepada para anggota senat Unmul, merupakan refleksi dari semakin baiknya kerjasama dan koordinasi dari seluruh unit kerja dan civitas akademika.

“Data – data tersebut juga bukan hasil rekayasa terlebih jika ada yang mengatakan bukan fakta. Alhamdulillah, hal tersebut terbukti dengan dicapainya akreditasi Unmul pada peringkat A atau unggul, bedasarkan hasil assessment dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang keputusannya terbit pada bulan Mei 2017 yang lalu,” jelasnya.

Pelajaran penting yang diperoleh selama menduduki jabatan pimpinan Unmul seru Rektor sejak tahun 2014 lalu, menunjukan bahwa Unmul memiliki potensi sangat besar secara kapasitas internal maupun dukungan eksternal untuk bisa mewujudkan cita-citanya menjadi universitas unggul bertaraf internasional.

“Dengan menerapkan prinsip kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas melalui kerjasama sebagaimana telah kami garis bawahi terdahulu. Pencapaian akreditasi A dan beberapa bukti peningkatan kinerja yang secara obyektif bisa dirasakan oleh kita semua seharusnya meyakinkan kita semua akan manfaatnya,” harapnya. (hms/frn)