Rektor Dilantik Jadi Ketua Mabigus


Susunan pengurus Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus), Samarinda 02.015 dan 02.016 resmi memiliki struktur organisasi baru untuk masa bakti 2017 – 2020. Rektor Unmul, Prof. Dr. H. Masjaya., M.Si resmi dilantik menjadi Ketua Mabigus 02.015 dan 02.016 pangkalan Universitas Mulawarman  (Unmul). Dalam kesempatan yang sama para Wakil Rektor juga didaulat menjadi Wakil Ketua I, II dan III. Sedangkan khusus untuk Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni berposisi sebagai sekretaris.

Di Ruang Serbaguna Lantai Empat Rektorat Unmul, Selasa, (02/05) tempat pengukuhan dan pelantikan Pengurus Gugus Depan (Gudep) Samarinda berlangsung, hadir menyaksikan sekaligus menandatangani ikrar bersama Rektor, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Samarinda, Ir. H. Arpan Zainal., M.Si. Sebelum menandatangani ikrar terlebih dahulu dibacakan kata pelantikan, tanya jawab dan ulang janji serta para pengurus mengucapkan janji pramuka Tri Satya dipimpin oleh Ketua Kwartir Kota Samarinda.

 

“Salam Pramuka. Peresmian ini menunjukan bahwa Gudep ini secara nyata merupakan sebuah wadah organisasi yang pengurusnya sudah resmi terbentuk. Sehingga untuk mengelola organisasi ini dapat dengan mudah membuat progam-program kegiatan yang nantinya akan dilaksanakan,” ulas Ketua Kwartir Kota Samarinda.

Kegiatan pramuka, diungkapkannya adalah untuk menerapkan pendidikan dan pelatihan dalam bentuk pengembangan kemampuan sesuai dengan bakat dan minat bagi pemuda - pemudi sebagai penerus bangsa yang tangguh, berakhlak, berkarakter, terampil dan berkepribadian bangsa Indonesia yang santun. “Serta menghormati baik orang tua, dosen, sehingga selalu menjadi contoh bagi masyarakat dimana tempat ia berada, itu tujuan kita sebagai anggota pramuka,” tambahnya.

Kepada para pengurus di majelis pembimbing, dirinya juga berharap agar dapat membantu aktivitas gugus depannya sehingga dapat beraktivitas dalam melaksanakan program – program yang nantinya akan dibuat dan disepakati serta disetujui bersama dalam bentuk rencana anggaran yang sudah termasuk di dalam anggaran Unmul pada setiap tahunnya.

Setelah resmi dilantik, Rektor menyatakan bahwa pelantikan sekaligus pengukuhan ini merupakan sebuah pekerjaan mulia karena selain menjalankan mekanisme organisasi, yang hadir untuk dilantik sebagai pengurus secara ikhlas siap menjalankan amanah ikrar yang sudah dibacakan secara bersama.

“Sehingga saya punya keyakinan apa yang kita lakukan akan menjadi suatu amal ibadah karena diawali dari sebuah keikhlasan dari yang hadir hari ini. Atas nama Ketua Mabigus, saya menyampaikan ucapan penghargaan dan terima kasih kepada kakak-kakak pembina kwartir gerakan pramuka Samarinda yang sudah berkenan datang ke Unmul untuk mengukuhkan kami. Dan sudah tentu kita yang dilantik hari ini harus memberikan kontribusi,” tegas Rektor.

Kaidah dan semangat pramuka, diungkapkan Rektor merupakan sesuatu yang perlu ditumbuh kembangkan, karena semangat kebersamaan menjadi sesuatu yang sangat mendasar. Aktivitas kepramukaan juga menurutnya, adalah satu - satunya organisasi yang dapat menggabungkan beberapa kalangan menjadi satu,  tidak mengenal usia namun semangat yang menjadi satu.  

Secara keseluruhan, Unmul, menurut Rektor mendukung penuh semua kegiatan kepramukaan. Apalagi universitas ini memiliki lokasi yang strategis untuk menjadi tempat aktivitas gerakan pramuka, baik skala Kota maupun Provinsi, bahkan Nasional.

“Unmul selalu siap menjadi penyelenggara, karena kita bersemangat untuk itu,” ungkap Prof. Masjaya. (hms/frn)