Rektor dan Wakil Rektor Bidang Akademik Unmul Bincang Akreditasi di Siaran RRI Pro 1 Samarinda


Akreditasi menjadi acuan penentuan standar mutu dan penilaian lembaga pendidikan tinggi oleh lembaga independen dalam hal ini Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Universitas Mulawrman (Unmul) belum lama ini menerima kunjungan dari tim asesor BAN-PT dalam rangka reakreditasi institusi. Hal tersebutlah yang menjadi topik pembahasan dalam agenda siaran RRI Pro 1 Samarinda, Senin (17/04).

Hadir sebagai narasumber dalam kesempatan ini Rektor Unmul, Prof. Dr. H. Masjaya., M.Si didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono. Selama periode kepemimpinananya, Prof. Masjaya bersama seluruh jajaran terus mempercepat pengembangan Unmul terutama dalam hal infrastruktur. Hal ini guna mewujudkan apa yang menjadi visi dan misi Unmul.

“Pembenahan dari pengelolaan program studi, rasio dosen dan mahasiswa, pelayanan dan program-program peningkatan sedang kami lakukan. Mohon doanya karena sudah divisitasi dan tinggal menunggu hasil, semoga menjadi harapan kita bersama agar akreditasi A bisa terwujud,” ujar Prof. Masjaya.

Rektor juga menuturkan pelbagai manfaat akreditasi bagi semua pihak terkait. “Melalui akreditasi, pemerintah bisa lebih mudah menjamin mutu PT dan tenaga kerja yang lulus dari PT yang sudah terakreditasi. Serta akreditasi ini juga diperlukan untuk standar ukuran tentang mutu pendidikan pada PT, dimana setiap PT harus bisa meningkatkan mutu dan daya saing terhadap lulusannya dan menjamin proses belajar mengajar,” imbuh Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unmul ini.

Setali tiga uang, Prof. Mustofa Agung juga menyatakan telah melakukan upaya dalam melakukan peningkatan akreditasi. “Kami mempersiapkan beberapa program dukungan termasuk memberikan stimulan kepada prodi yang reakreditasi bahkan kami memberikan award untuk prodi yang mampu mendapatkan A,” tutur Wakil Rektor Bidang Akademik Unmul ini.

Target kami, lanjut Prof. Mustofa akhir 2018 ini akreditasi institusi dan dua sampai tiga prodi bisa A. “Kami juga mendorong pembenahan dan penertiban administrasi akademik serta rasionalisasi mahasiswa setiap tahun. Kami selalu melakukan rasionalisasi agar proses belajar mengajar bisa berjalan lebih baik,” jelas Guru Besar Fakultas Kehutanan Unmul ini. (hms/rob)