Ratusan Mahasiswa Ikuti Kuliah Umum di Rektorat


Melalui penerjemah salah satu dosen Mata Kuliah Agama Islam, Taufik Hiadayat, LC., MA, ratusan mahasiswa Universitas Mulawarman (Unmul) memadati Ruang Serbaguna Rektorat Unmul, Kamis, (13/11), guna menyimak sebuah kuliah umum bertema “Peran Muslim Terhadap Masjidil Al Aqsha” yang disampaikan oleh Syekh Prof. Dr. Mohammad Al Jamal, Ph.D.

Syekh Mohammad merupakan salah satu guru besar bidang tafsir dari Universitas Yarmouk di wilayah utara Yordania.  

Rektor Unmul, Prof. Dr. H. Masjaya.,M.Si sebelum acara dimulai menyampaikan profil Unmul serta beberapa program perkuliahan bidang agama Islam yang sudah lama diterapkan di universitas dengan jumlah mahasiswa yang mencapai jumlah sekitar 40.000 ribu tersebut.

Dalam pertemuan yang turut pula dihadiri oleh Pembantu Rektor III Unmul, Prof. Dr. H. Helminuddin., MM itu, Rektor berharap dari kuliah tersebut para mahasiswa bisa mengetahui perkembangan terakhir mengenai kondisi terkini Masjidil Al-Aqsa.

Selain itu menurut Rektor dari pertemuan awal ini, bisa muncul suatu gagasan kerjasama antara kedua universitas yang memiliki jumlah mayoritas umat muslim di negaranya masing-masing ini. “Kita semua sudah mengetahui dan cukup prihatin mengenai beberapa gangguan dari kelompok tertentu di masjid yang pernah menjadi kiblat kaum muslim di dunia tersebut,” jelasnya.  

Setelah memberikan pemaparan kuliah umum di Unmul, Syeikh juga akan mengisi acara konser amal peduli Palestina di Ballroom Hotel Mesra Samarinda, Sabtu, (15/11) mendatang. (hms/frn)