Rapat Koordinasi Program Penelitian


Rapat yang diisi langsung oleh Prof Agus Subekti MSc Ph.D sebagai Direktur Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi,Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan itu, Rektor Unmul Prof. Dr. H. Zamruddin Hasid, SE., SU menyebutkan, menumbuhkan budaya menulis dan meneliti wajib dimiliki semua dosen.

Dengan demikian tambahnya, selain mengajar tugas dosen harus lebih sering membuat penelitian. “Jangan hanya membuat penelitian saat ingin naik pangkat atau pada saat ada permintaan saja,” tegas Rektor.

Diakui mantan Dekan Fakultas Ekonomi (FE) Unmul ini, penelitian bertujuan sebagai bahan ajar sekaligus suatu bentuk eksistensi dosen itu sendiri. Dari hasil penelitian dan pengalaman dari sang dosen juga, menurutnya, para mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman empiris dari sekedar pengetahuan teoritis.

Melalui pengalaman-pengalaman penelitian, ia juga berharap agar penelitian yang dihasilkan bisa berbanding lurus dengan kebutuhan industri. Dengan harapan, penelitian tersebut bisa mendapatlkan pendanaan.

“Kita perlu tanamkan agar penelitian yang dibuat bisa menghasilkan income dan outcame. Buatlah penelitian berbasis lokal bernilai global. Kembangkanlah nilai-nilai ekonomis yang sekarang bersifat lokal,” harapnya.      

Dalam acara yang sama, hadir Ketua Lembaga Penelitian Unmul, Prof. Dr. Makrina Tindangen, M.Pd, Ketua Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat Unmul, Prof. Dr. Susilo., M.Pd serta Ketua Kopertis Wilayah XI, Prof. Dr. Sipon Muladi yang mempresentasikan materi seputar hibah penelitian tahun 2014.

Di rapat yang dihadiri puluhan peserta dari perwakilan 5 Provinsi di Kalimantan itu, diisi pula dengan sosialisasi kerjasama dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang disampaikan Prof. Dr. Sunarto. (hms/frn)