Puluhan Rocket Air Meluncur di GOR Unmul


Rocket yang menggunakan air sebagai bahan bakar dan tekanan udara dari pompa sebagai pelontarnya tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pekan Fisika XV pada ajang Water Rocket Competion (WRC), yang dilaksanakan, Selasa, (11/03).

“Air dipaksa keluar oleh udara yang bertekanan, biasanya udara yang telah terkompresi, setiap peserta diberi kesempatan tiga kali percobaan, sebagian berupaya meluncurkan rocket untuk mengenai taget, sementara sebagian lainnya berusaha melontarkan rocket dengan jarak sejauh – jauhnya untuk raihan poin,” ungkap Ketua Panitia Acara, Deky Rahmadani.

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unmul tersebut menyebutkan, pekan fisika merupakan suatu ajang tahunan yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP UNMUL sejak 15 tahun yang lalu. Sedangkan peserta yang ikut merupakan siswa dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat di Kaltim.

“Tahun ini,kami selaku panitia pelaksana pekan fisika dan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika (HIMAPFIS) mempersembahkan pekan fisika XV sebagai upaya meningkatkan daya berpikir dan berkreasi untuk mengembangkan prestasi anak bangsa di Kaltim, yang diikuti 946 siswa dari beberapa Kabupaten atau Kota di Kaltim,” katanya.

Lebih jauh, rincinya, pekan fisika terdiri dari cerdas cermat fisika, mading sains 3D, olimpiade fisika, water rocket competition, dan olimpiade geografi. Pekan Fisika XV dimulai dari babak penyisihan pada tanggal 16 Februari 2014.  Penyisihan dilangsungkan di sembilan kota/kabupaten di Kaltim. Sedangkan babak puncak pada tanggal 9-13 Maret 2014 di GOR 27 September Unmul. (hms/frn)