Puluhan Dokter Handal Gelar Summer School di FK Unmul


Kegiatan dan kolaborasi pendidikan berskala internasional di kampus Unmul itu, diungkapkan Pembantu Dekan (PD) IV FK Unmul yang juga Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kalimantan Timur (Kaltim), dr. Arie Ibrahim, Sp.BS menjelaskan, Indonesian German Health Education Partnership (IGHEP) menjalin kemitraan medis bersama FK Unmul serta Universitas Gottingen, Jerman menghelat diskusi ilmiah bertajuk kesehatan ibu dan anak.

“Serangkaian acara yang dimulai hari ini menjadi kesempatan emas untuk Universitas Mulawarman khususnya Fakultas Kedokteran dan kesehatan di Kaltim, karena selain ini adalah kunjungan terbanyak peneliti ke Kaltim, ada 11 pakar dari berbagai bidang hadir dan kebanyakan adalah pakar kesehatan internasional, para peneliti tersebut siap membantu untuk memberikan konsep-konsep terbaru di bidang kesehatan.” sebutnya.

Diakuinya, tujuan utamanya adalah menurunkan tingkat kematian ibu dan anak sesuai tekad Pemerintah pada pencapaian Millenium Development Goals (MDGs). ”Kita mencoba membantu Pemprov Kaltim melalui bidang yang kami geluti untuk menurunkan tingkat kematian anak dan ibu melalui masukan-masukan dan  beberapa rekomendasi yang dihasilkan melalui kegiatan selama beberapa hari ini,” tambahnya.

Tidak ketinggalan pula imbuhnya, dalam kesempatan tersebut 18 pakar kesehatan dari perguruan tinggi ternama di Indonesia dan pakar dari Swiss dan Thailand turut ambil bagian sebagai narasumber.

Dekan FK Unmul, dr. Emil Bachtiar Moerad, Sp.P  kepada Humas Unmul menjelaskan, kerjasama IGHEP dengan beberapa universitas di Indonesia berawal sejak tahun 2005 lalu bersama Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh ketika mengalami bencana tsunami.

”Awalnya kerjasama seperti ini dengan Unsyiah yaitu ketika Aceh mengalami tsunami, kemudian berkembang dengan melibatkan beberapa universitas di Indonesia termasuk Unmul. Kita juga akan coba terus bekerjasama dengan Gottingen University bentuk kerja sama itu adalah untuk sekolah Doktor atau S3 dibidang Biologis Mokuler, selain itu dilakukan juga joint research antara kedua universitas ini.

Mewakili Rektor Unmul, kegiatan tersebut di buka oleh Ketua Lembaga Pengabdian Pada Masyarkat (LPPM) Unmul, Prof. Dr. Susilo, S.Pd., M.Pd. Dihadiri para PD FK Unmul, beberapa instansi terkait di Kaltim, dan mahasiswa. (hms/frn)