PT. Pupuk Kaltim Serah Bantuan Peralatan Laboratorium


Fakultas Teknik (FT), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Fakultas Kehutanan (Fahutan), Universitas Mulawarman (Unmul) mendapatkan bantuan peralatan laboratorium yang berasal dari PT. Pupuk Kalimantan Timur (Kaltim). Rabu, (15/11), Perusahaan yang belokasi di Kota Bontang, Kaltim itu secara simbolis menyerahkan 12 peralatan laboratorium yang diterima oleh perwakilan Fakultas.

Adapun ke 12 alat senilai tiga miliar tersebut, akan didistribusikan sebanyak 6 alat di FT, 4 di FMIPA, dan 2 alat untuk Fahutan. Gas Chromatography, Spectrofotometer, Oven, Aqua Titrator, Conductivity Meter, merupakan beberapa jenis peralatan yang diberikan serta dapat dimanfaatkan para dosen maupun mahasiswa sebagai sarana penunjang kegiatan akademik.  

Manager Laboratorium PT. Pupuk Kaltim, Budi Rahmanto mewakili pihak manajemen Pupuk Kaltim menerangkan bahwa peralatan laboratorium yang dihibahkan bukanlah peralatan baru, namun dirinya meyakini masih layak pakai terutama untuk pemenuhan kebutuhan praktikum mahasiswa dan penelitian.

Hibah ini tambahnya, menunjukkan pula kepedulian Pupuk Kaltim terhadap pengembangan pendidikan dan begitu strategisnya posisi Unmul di Kalimantan sebagai satu-satunya Universitas yang telah memperoleh akreditasi A.

Senada, dari Unmul yang diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fahutan, didampingi Kaprodi Teknik Kimia, dan Asisten Laboratorium FMIPA menegaskan, untuk meningkatkan akreditasi diperlukan kerjasama dan kontribusi dari pihak Perusahaan seperti yang telah dilakukan PT. Pupuk Kaltim dengan menghibahkan peralatan laboratorium.

Harapnya ke depan, dari hibah yang didapatkan mampu memberikan pelayanan praktikum yang maksimal dan menghasilkan banyak karya dari penelitian yang akan dilakukan. (hms/frn)