Program SIA Online Unmul Kian Berkembang


Hal itu disampaikan pada acara pelatihan SIA Online yang berlangsung di Ruang Serbaguna Lantai Empat Rektorat Unmul, dengan peserta adalah para operator SIA di semua unit kerja Unmul.

“Pertemuan ini adalah kali kedua dilaksanakan yang sebelumnya berlangsung pada akhir tahun 2013 lalu, bertujuan selain menjalin silaturahmi dengan rekan-rekan operator di semua unit kerja Unmul seperti bagian pendidikan Rektorat, maupun para operator di fakultas-fakultas dan bagian distance learning,” ucap Kabag Pendidikan Unmul, Drs. Edward Doran.

Selain itu, saat memberikan laporan mengenai penerapan SIA Online Unmul dirinya juga menjelaskan dalam pelatihan sehari itu akan disampaikan beberapa aplikasi terbaru dengan muatan dan program SIA Online terbaru.

Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) Unmul, Drs. H. Maskan AF., M.Si sebelum membuka pelatihan secara resmi mengungkapkan, dari informasi narasumber akan dipaparkan materi-materi terbaru mengenai sistem IT yang terus mengalami perkembangan positif, seperti diantaranya direncanakan akan diterbitkan surat aktif kuliah, kartu hasil studi dan transkip nilai secara online.

“Sejak tahun 2011, Unmul sudah beralih ke sistem online, meskipun dengan segala kekurangan, tetapi kami dari bagian akademik dengan dukungan dari pimpinan akan selalu mengembangkan sistem online agar pelayanan mahasiswa di universitas ini lebih baik lagi. Semoga dari pelatihan ini bisa dimanfaatkan, jika ada kendala silahkan konsultasikan bersama,” katanya.

Saat menyampaikan pemaparan materi di hadapan para peserta, staf IT Unmul Hidayatul Muttaqien, S.Kom sebagai narasumber mengemukakan, SIA Online Unmul yang sudah ada sekarang nantinya akan ditambahkan beberapa kelengkapan administrasi, seperti surat menyurat di akademik.

“Terbaru kita akan memfungsikan penerbitan Surat Keterangan Lulus (SKL) yang bisa diakses secara online, dengan catatan penerbitan SKL tersebut harus di kroscek terlebih dahulu di SIA Unmul, “ terangnya. (hms/frn)