Prof. Zamruddin: Transformasi ke Pariwisata


Rektor Universitas Mulawarman (Unmul), Prof. Dr. H. Zamruddin Hasid, SE., SU menyatakan sudah saatnya Kalimantan Timur (Kaltim) melakukan transformasi menuju ekonomi pascamigas dan batu bara ke sektor pariwisata guna meraih struktur ekonomi yang berkelanjutan.

Hal itu dikatakannya saat membuka acara sekalgus menjadi pembicara di Seminar Nasional dan Kuliah Umum bertemakan “Transformasi Ekonomi Melalui Strategi Pengembangan Potensi Pariwisata di Provinsi Kaltim” gagasan Forum Komunikasi Magister Manajemen (FKMM) Wilayah Barat dan Program MM Fakultas Ekonomi (FE) Unmul, di Ruang Serbaguna Dekanat FE Unmul, Sabtu, (07/12).

“Pertemuan ini sangat berarti untuk mempersatukan pikiran guna memajukan pendidikan khususnya untuk program MM dalam melahirkan SDM yang berkompeten di bidangnya. Termasuk memikirkan potensi pariwisata untuk meningkatkan kemajuan Negara dalam perekonomian,” terang Rektor.

Peran pariwisata juga menurutnya, bisa menggantikan eksplorasi yang berlebihan pada Sumber Daya Alam (SDA) yang sampai sekarang masih di ambil. “Sekarang kita semua khususnya dari akademisi memberikan pemikiran dan kajiannya bahwa sekarang dan beberapa tahun ke depan tidak hanya lagi mengandalkan sektor migas, tetapi bisa beralih ke sektor pariwisata, atau yang sering disebut transformasi ke pariwisata. Saudara kita hari ini telah hadir dari beberapa provinsi di Indonesia, dan akan memberikan pemikiran-pemikirannya. Selamat juga untuk Program MM Unmul yang sudah menjadi tuan rumah pertemuan rutin ini,” katanya.

Ketua Program MM FE Unmul, Dr. Hj. Syarifah Hudayah, SE., M.Si saat memberikan laporannya menjelaskan, tujuan dari seminar dan kuliah umum yang dihadiri mahasiswa S1 dan S2 MM, serta beberapa instansi terkait di Kaltim itu, adalah FKMM ingin menyumbangkan sumbangsih pemikiran dan konsep untuk membangun pariwisata di Kaltim,termasuk hasil kajian beberapa Dosen FE Unmul yang sudah melakukan penelitian di beberapa tempat pariwisata di Kaltim yang memiliki potensi ekonomi tinggi, kemudian sebagai upaya agar pariwisata mendapatkan pasar yang luas. “Dan untuk 10 tahun mendatang sektor pariwisata bisa mendapatkan penghasilan untuk menggantikan migas yang sekarang masih di eksplorasi,” tambahnya.

 

Selain itu Dekan FE Unmul, Dr. Hj. Anis Rachma Utary, M.Si., AK menambahkan, pariwisata merupakan sebuah pilar ekonomi bangsa. Pariwisata ungkapnya perlu diperhatikan terbukti dalam 10 tahun terakhir pariwisata mendapat penghasilan utama di beberapa Negara.

Selain Rektor dalam acara ini hadir pembicara diantaranya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar)Kaltim, Prof. Dr. H. Aswin., MM, Teguh Setiadi., MA sebagai Deputi Kepala Kantor BI Perwakilan Kaltim, serta dimoderatori oleh Prof. Dr. Hj. Eny Rochaida., M.Si. (hms/frn)